Honda

Ratusan Siswa PAUD di Tanjung Lago Manasik Haji

Ratusan Siswa PAUD di Tanjung Lago Manasik Haji

Ratusan Siswa PAUD di Tanjung Lago Manasik Haji-Foto: Alhadi Farid/palpres.com-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ratusan siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Tanjung Lago mengikuti manasik haji di Asrama haji Palembang, Selasa 1 November 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini, 1-2 November 2022, diikuti seluruh siswa PAUD yang ada di Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Tanjung Lago, Erni Ningsih, S. Ag menjelaskan, Ratusan siswa yang ikut dalam kegiatan manasik haji tersebar di 34 lembaga yang ada di kecamatan tersebut.

Tercatat ada 600 siswa yang ikut dalam kegiatan manasik haji ini.

BACA JUGA:Manasik Haji, Tanamkan Paham Agama Sejak Dini ke Anak

“Untuk hari pertama ini ada 320 siswa yang ikut manasik haji, sementara besok akan diikuti 280 siswa, totalnya ada 600 peserta dari 34 lembaga PAUD di Tanjung Lago,” sebutnya kepada Palpres.com.

Dia menjelaskan, manasik haji merupakan rangkaian bagi mereka yang akan melakukan ibadah haji atau umroh berupa latihan membaca doa bagi para calon haji.

Untuk proses manasik haji ini dilakukan mirip dengan pelaksanaan ibadah haji seperti memakai pakaian ihram bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan mengenakan pakaian yang menutup aurat.

Kemudian siswa mengikuti rangkaian ibadah wukuf dengan mengumpulkan anak-anak sembari membaca kalimat talbiyah.

BACA JUGA:Pelatihan Manasik Haji Cilik di Asrama Haji Palembang

Bacaan talbiyah memiliki makna bahwa telah memenuhi panggilan Allah untuk melakukan ibadah haji.

Usai melakukan ibadah wukuf, ratusan anak-anak mengikuti kegiatan jumrah yang menjadi simbol melempar setan yang dijelmakan dalam tiga bagian, yaitu jumrah ula (pertama) atau jumrah sughra, jumrah wustha (tengah), dan jumrah 'aqabah (terakhir).

Kemudian siswa melaksanakan tawaf dengan membuat reflika kakbah yang ada di Asrama Haji palembang. Dan terakhir melaksanakan sai dengan berlari kecil sebanyak tujuh kali.

“Pada prinsipnya kita ingin menanamkan nilai ibadah Islam kepada anak-anak sejak dini. Selain itu, kami juga berharap kegiatan haji ini bisa menanamkan silaturahmi karena kegiatan ini kami niatkan untuk anak dan orang tua,” ucapnya.

BACA JUGA:Kenali Rukun Islam dengan Manasik Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com