Honda

5 Amalan dan Keutamaannya di Hari Jumat

5 Amalan dan Keutamaannya di Hari Jumat

Illustrasi Gambar Berdoa-NET-pikiranrakyat.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Hari jumat merupakan hari keistimewaan bagi umat muslim, ada banyak amalan di hari jumat yang perlu diketahui dan diamalkan.

Rasulullah dan sahabatnya telah mengajarkan bagaimana seharusnya menjalani hari jumat untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Pada hari jumat terdapat lima keutaman, yaitu Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surge ke bumi , pada hari jumat pula Nama Adam wafat.

Didalam hari jumat terdapat yaitu apabila seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silahturahmi.

BACA JUGA:Amalkan Sholawat di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Hari kiamat juga terjadi di hari jumat, Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi , angin, gunung dan batu kecuali ia khaawtir terjadinya kiamat saat hari jumat.

Hari jumat merupakan hari istimewah tidaklahnya kita mengamalkan amalan-amalan yang bisa dijalankan  seseorang msulim, berikut amalan-amalan dan keutamaannya;

1. Memperbanyak shalawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ    
صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً


“perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap jumat, karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap jumat.  Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)


BACA JUGA:Rajin Sedekah Rezeki Melimpah, Doa Ini Ampuh Obati Sifat Pelit, Berikut Tuntunannya

2. Membaca Surat Alkahfi

Hari jumat adalah hari Kemuliaan, anjuran lain agar mendapatkan pahala dan kemulian di hari jumat adalah membaca surah Al kahfi.  Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jumat.

3. Menjalankan Shalat Jumat

Shalat jumat merupakan kewajiban yang memiliki banyak keutamaan, keutamaan shalat jumat yang lain juga termuat dalam hadits berikut;

إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين


“Barang sisapa membasuh pakaian dan kepalanya, mandi, bergegas jumatan, menemui awal khutbah, berjalan dan tidak menaiki kendaraan, dekat dengan imam, mendengarkan khutbah dan tidak bermain-main, maka setiap langkahnya mendapat pahala berpuasa dan shalat selama satu tahun.
(HR. Al-Tirmidzi dan al-Hakim)

BACA JUGA:Utang Tak Kunjung Lunas, Coba Baca Doa Sederhana ini Ya


4. Membersihkan Diri
Dalam hal ini dianjurkan Membersihkan dianjurkan membersihkan di pada hari jumat seperti mencukur rambut , memotong kuku dan bersiwak, serta memakai pakaian terbaik, tidak hanya berlaku untuk kaum laki-laki yang akan menunaikan sholat jumat, tetapi juga berlaku untuk perempuan sebagai amalan hari jumat.

5.    Memperbanyak Doa
Diantara keempat amalan yang diatas amalan memperbanyak doa sangat dianjurkan di hari jumat. Dengan berdoa dan bermunajat sebanyak- banyaknya.  
Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan tentang hari jumat. Beliau bersabda :
“Didalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan allah pasti memberikan kepadanya.”
Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu  tersebut.” (HR. Bukhari, No. 935 dan Muslim No. 852).

Penjelasan diatas diatas adalah 5 amalan dihari jumat yang dianjurkan untuk umat muslim. Hal tersebut mudah dilakukan dan memiliki keutamaan yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: