Honda

Tenyata di Palembang Ada Kampung Wisata Anyaman, Yuk Cek Lokasinya

Tenyata di Palembang Ada Kampung Wisata Anyaman, Yuk Cek Lokasinya

Tangkapan Layar, Kampung Wisata Anyaman yang membuat dan mengolah anyaman dari daun nipah-pariwisata palembang-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Tahukah kamu, selain terkenal dengan kulinernya pempek, ternyata kota tertua di Indonesia yang memiliki segudang objek wisata sejarah dan religi ini, juga mempunyai Kampung Kreatif berupa Kampung Wisata Anyaman yang membuat dan mengolah anyaman daun nipah untuk dijadikan sebuah kerajinan dan bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas  Kota Palembang.

Kampung Kreatif ini menjadi salah satu potensi destinasi wisata yang mampu menciptakan perekonomian masyarakat yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Palembang.

Kampung yang terletak di sekitaran tepian Sungai Musi  ini berlokasi di Jalan Faqih Usman Lorong Prajurit Nangyu Rt.04 Rw.02 Kelurahan 3/4ulu Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang.

Dengan letaknya yang geografis Kampung Wisata Anyaman ini memberikan dampak positif untuk mendorong dan mengajak kembali masyarakat lokal untuk menjaga kelestarian dan mengembalikan fungsi serta manfaat sungai sebagai sumber kehidupan, dan sebuah pengembangan ekonomi kreatif dan wisata kota.

BACA JUGA:Inilah 7 Tempat Wisata di Palembang yang Bisa Dikunjungi Saat Weekend

Pada tahun 1975-an masyarakat 3-4 Ulu Palembang sudah mengelolah daun nipah yang dijadikan bermacam kerajinan, seperti anyaman keranjang, anyaman piring untuk makan, tempat tahu, hiasan dinding dan lainnya.

Disini banyak sekali pengrajin anyaman yang membuat anyaman dengan jumlah yang cukup banyak dan sering dijadikan oleh-oleh khas Palembang. Selain itu anyaman ini, juga sering digunakan oleh cafe-cafe dan rumah makan agar telihat lebih cantik dan estetik.

Harganya sangat murah dan terjangkau mulai dari Rp1.500 - Rp.50.00.

Kalian bisa berkunjung ke Kampung anyaman ini yang dibuka setiap harinya mulai dari pukul 08.30 - 19.00 WIB di Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang. Bagaimana, murah sekali bukan. Makanya, yuk kita bantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan beberlanja dan berkunjung kesini.

BACA JUGA:9 Wisata Religi di Palembang, Satunya Dibangun Tahun 1728

BACA JUGA:11 Oleh-oleh Khas Palembang, Kelima Paling Diminati

Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi Kafsya di Nomor +62 812-7130-5830 Kafsya dan menfollow Instagramnya @kampung_wisata_anyaman @produk_anyaman_nipah.

Selain itu, kawasan Kampung Wisata Anyaman ini juga bisa terintegrasi ke kawasan Destinasi Wisata Rumah Heritage Ong Boen Tjit yang terletak di Kelurahan 3-4 Ulu Palembang  yang masih berdiri kokoh dan menjadi dan saksi putaran waktu aliran sungai Musi yang kian tua.

Rumah ini menggunakan gaya arsitektur Melayu Cina yang interiornya kaya akan pahatan relief bernuansa keemasan dan memiliki ornamen Tiongkok yang usianya lebih dari 200 tahun dan salah satu rumah kaum peranakan yang masih asli dan terawat dengan baik.

Untuk sampai ke sini kamu bisa menyewa perahu dari pelataran Benteng Kuto Besak di tepi Utara Sungai Musi dan menyeberangi sungai ke Selatan menuju Rumah Ong Boen Tjiet.


BACA JUGA:Lengkap! 39 Wisata di Palembang, Wajib Dikunjungi Peserta Rakernas JKPI
BACA JUGA:Wisata Pulau Kemaro Simpan Legenda Cinta, Lokasinya Dekat Pameran Rakernas IX JKPI 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: