Honda

Mau Jadi Sekda Lubuklinggau, Ternyata Ini Syaratnya

Mau Jadi Sekda Lubuklinggau, Ternyata Ini Syaratnya

Febrizal, Sekretariat Panitia Seleksi Sekda Kota Lubuklinggau.-Fran Kurniawan-Palpres.com

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama saat ini tengah melaksanakan tahapan seleksi pemilihan calon Sekretaris Daerah (Sekda).

Seleksi tersebut dilakukan setelah jabatan itu lowong, setelah sebelumnya dijabat oleh H Rahman Sani yang sudah pensiun. Untuk sementara PJ Sekda dijabat oleh Imam Senen. 

Sedikitnya ada 10 pejabat dilingkungan Pemkot Lubuklinggau yang mengikuti lelang Sekda yaitu, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kota Lubuklinggau AH Ritonga, Kepala Disnaker Kota Lubuklinggau Tamri, Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau Dian Candera.

Lalu Kepala Dinkes Kota Lubuklinggau Erwin Armeidi, Kepala DPPKB Kota Lubuklinggau Henny Fitrianti, Kepala Bappeda Litbang Kota Lubuklinggau Emra Endi Kusuma, Kepala DPUPR Kota Lubuklinggau Achmad Asril Asri, Kepala Disperkim Kota Lubuklinggau Trisko Defriansyah, Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau Yulita Anggraini dan Kadiskominfotiksan Johan Iman Sitepu.

BACA JUGA:DKUKM Lubuklinggau Pantau Usaha Kecil Terdampak Covid 19

"Ada 10 peserta yang ikut seleksi calon Sekda, dan saat ini tahapan seleksi Sekda yaitu pembuatan makalah dan tes wawancara," Ujar Sekretariat Panitia Seleksi, Febrizal, Senin 7 November 2022.

Untuk pelaksanaan tes wawancara rencananya bakal dilaksanakan di Palembang dengan tim penguji dari akademisi, tokoh masyarakat dan pejabat Pemprov Sumsel. 

"Pengujinya Sekda Provinsi Sumsel Supriono, Kepala BKD Provinsi Sumsel Nora Elsya, dua orang akademisi Prof Zainuddin Nawawi, Dr Febrian dan satu orang tokoh masyarakat Kota Lubuklinggau," bebernya.

Sementara itu Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengatakan, syarat utama yang akan dipilih menjadi Sekda Kota Lubuklinggau, yakni memahami teritorial wilayah Lubuklinggau, paham tentang karakter kepegawaian khususnya di Lubuklinggau dan paham juga tentang visi serta misi kota Lubuklinggau. 

“Sejauh ini semuanya berpeluang menduduki jabatan Sekda," katanya. 

Dikatakannya, ada 10 orang pejabat Eselon II di lingkungan Pemkot Lubuklinggau yang telah mengikuti assesment Sekda Lubuklinggau di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). 

BACA JUGA: Sinergitas Bank Sumsel Babel dengan Mitra Binaan di Kota Lubuklinggau

“Dari 10 orang tersebut nanti akan dilihat mana yang terbaik. Kemudian dicari dengan dilakukan tes wawancara untuk mendapatkan tiga terbaik. Selanjutnya dibawa ke Gubernur, bersama-sama dengan Pak Gubernur untuk menentukan siapa yang layak menjadi Sekda kedepan,” jelasnya.

Dia memastikan semua peserta yang maju dalam pemilihan Sekda Lubuklinggau tentu mempunyai peluang yang sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com