Honda

Muncul Varian Covid XBB, Ini Pesan PJ Bupati Muba

Muncul Varian Covid XBB, Ini Pesan PJ Bupati Muba

Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi-Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Varian Corona Virus Disease (Covid) baru telah munul, oleh karena itu PJ Bupati Musi Banyuasin (Muba) Drs Apriyadi meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini juga sesuai dengan dikeluarkannya Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: SR.03.04/C/5163.

Surat bertanggal 26 Oktober 2022  ini berisi tentang Peningkatan Pengawasan Kekarantinaan Kesehatan Corona Virus Disease-2019 (COVID 19) Varian Omicron Sub Varian XBB. 

BACA JUGA:Covid-19 Kian Mengerikan, Puluhan Kota di China Lockdown

"Dalam upaya penanggulangan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, sesuai penjelu yang disampaikan WHO tentang munculnya  varian baru dari COVID-19 varian Omicron sub varian XBB dibeberapa negara, Indonesia juga Muba harus aktif  meminimalisasi  penyebaran varian baru ini.

Saya instruksikan kepada seluruh rumah sakit, para kepala puskesmas dan struktur di bawahnya sampai di desa agar melakukan peningkatan pengawasan kekarantinaan kesehatan di pintu masuk maupun di wilayah kerja selain itu mengajak seluruh warga Musi Banyuasin jangan lengah kita tetap waspada dan mari tetap jalankan protokol kesehatan seperti Biasa Khususnya menggunakan masker dan mencuci tangan dan menjaga jarak ," kata Apriyadi.

BACA JUGA: Covid Belum Habis, Kembali Harus Waspada Selalu

Penegasan Apriyadi berlaku bagi para direktur RSUD Sekayu, Sungai Lilin, Bayung Lencir dan para kepala puskesmas Sekayu Muba.

Secara rinci perintah ini dijabarkan dalam Surat Edaran  Nomor: B-440/5714/KES/2022 tentang peningkatan pengawasan kekarantinaan kesehatan corona virus disease-2019 (covid 19) varian omicron sub varian xbb. 

Kepala Dinas Kesehatan Muba, dr Azmi Dariusmansyah menyiagakan jajarannya untuk melakukan upaya guna meminimalisasi terjadinya transmisi penyakit maupun faktor risiko kesehatan masyarakat lainnya dan wilayah. 

BACA JUGA: Cegah Korupsi Dalam Pengelolaan Anggaran Penanggulangan Covid-19

"Sesuai surat edaran, Dinas Kesehatan Muba akan meningkatkan koordinasi dengan rumah sakit, serta  laboratorium pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) terkait pengawasan kekarantinaan kesehatan terhadap COVID-19 varian Omicron sub varian XBB.

Terutama dukungan sumber daya, kami juga siapkan sumberdaya untuk melakukan pemantauan dan pengawasan termasuk tracing, tracking, dan testing jika ditemukan kasus positif.

Semua upaya ini kami lakukan tatalaksana sesuai peraturan perundang-undangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: