Honda

Pasar Talang Kerangan Dibuka Seminggu Sekali, Langsung Diisi Puluhan Pedagang

Pasar Talang Kerangan Dibuka Seminggu Sekali, Langsung Diisi Puluhan Pedagang

Setelah sempat ditinggal pedagang lantaran sepi pengunjung, akhirnya Pasar Rakyat Talang Kerangan yang berada di Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI kembali dibuka dan diisi oleh puluhan pedagang.-Berry Sandi-Palpres.com

PALI, PALPRES.COM- Setelah sempat ditinggal pedagang lantaran sepi pengunjung, akhirnya Pasar Rakyat Talang Kerangan yang berada di Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI kembali dibuka dan diisi oleh puluhan pedagang.

Namun, rencananya pasar Rakyat Talang Kerangan itu untuk sementara waktu ini akan dibuka satu minggu sekali yakni setiap Selasa.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Tegus Eko Sutrisno mengatakan, tercatat ada sekitar 36 pedagang yang menjajakan dagangannya di Pasar Talang Kerangan pada Selasa 8 November 2022.

“Kalau yang terdaftar 36 pedagang, seperti pedagang daging, sayur, buah, jajanan gorengan, martabak, kelontongan dan perkakas rumah tangga," ucap Teguh saat dibincangi, Rabu 9 November 2022.

BACA JUGA:Pelaku Usaha di PALI Jarang Gunakan Tapping Box

Ia menerangkan, ketika beroperasi kembali pada Selasa dan dibuka hingga siang hari.

“Insya Allah minggu depan akan dibuka hingga sore hari. Sekarang pasar dibuat seperti pasar Kalangan (mingguan) terlebih dahulu," tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya secara perlahan akan memaksimalkan pasar Talang Kerangan untuk dibuka setiap hari.

“Pelan-pelan akan dioptimalkan lagi untuk membuka pasar. Semoga akan bisa menjadi pemacu untuk para pedagang lainnya berjualan disini," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pasar Talang Kerangan dibangun sejak 2020 lalu dan beroperasi pada Maret 2021.

Berdasarkan data yang ada, setidaknya ada 176 lapak dan 31 unit kios yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI. Namun, tidak semua lapak dan kios ditempati pedagang.

Dan sejak Oktober 2022 lalu, tak ada satupun pedagang yang menggelar lapak dagangannya di Pasar Talang Kerangan.

Bahkan, pihak pengelola kantor Pasar Talang Kerangan juga tertutup rapat tak berpenghuni.

Inisiator Pasar Hewan di Kabupaten PALI, Sugiharsono mengaku jika pihaknya sudah berdiskusi terkait penggunaan gedung Pasar Rakyat Talang Kerangan agar bisa kembali difungsikan sebagaimana mestinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com