Honda

4 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Ketahui

4 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Ketahui

4 manfaat menangis -ilustrasi-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kamu pasti pernah menangis, dan seluruh manusia di bumi pasti pernah menangis. Entah di kamar atau kamar mandi, saat sedang sendiri maupun di depan umum. menangis sangat wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan. Faktanya, menangis ternyata juga memberi manfaat untuk kehidupanmu.

Beberapa dari pria pasti memiliki prinsip “anak laki-laki atau pria itu tidak boleh cengeng.

Nangis cuman boleh untuk anak perempuan” sudah sedari dulu tertanam dari orang tua pada anak laki-laki. Dampaknya ketika anak mulai tumbuh dewasa, mereka sekuat mungkin menahan untuk tidak menangis ketika menghadapi berbagai masalah. 

Hal tersebut, karena menangis dianggap sebagai sebuah kelemahan. Yang  bertentangan dengan citra diri laki-laki/pria sebagai sosok yang kuat dan tangguh sehingga dituntut untuk terus terlihat kuat walaupun para laki-laki bersedih. Para pria pun cenderung menyembunyikan masalah kepada pasangannya, padahal mereka juga manusia, pasti membutuhkan menangis untuk merasa lega.

Meski terkesan lemah, menangis memiliki manfaat loh, yuk simak manfaat menangis dikutip dari hellosehat.com sebagai berikat.

1. Memperbaiki Suasana Hati

Menangis membuatmu lebih tenang dan lega, setelah menangis kamu merasa bebanmu terasa lebih mudah untuk dihadapi. Itu karena saat menangis, sebenarnya kamu sedang melepaskan tubuh dari racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya dalam meningkatkan stres.

Hal ini pada gilirannya menangis memberikan manfaat dengan membuat suasana hati kamu jadi lebih baik. Kamu bisa tidur lebih nyenyak, sistem kekebalan jadi lebih kuat, dan menghindari penambahan berat badan. Dengan menurunkan tingkat stres, menangis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Menjaga dan Melindungi Fungsi Mata

Menangis adalah cara bagi tubuh kamu untuk menghidrasi kembali mata. Dengan begitu, kemampuan mata dalam memfokuskan objek jadi lebih tajam. Selain itu, manfaat dari menangis juga melindungi mata dari berbagai zat asing yang membahayakan. Seperti debu, kotoran, atau serbuk-serbuk kayu yang beterbangan. Partikel asing yang masuk ke mata akan menyebabkan iritasi yang berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada mata. 

Air mata juga mengandung lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

3. Membantu Membersihkan Hidung

Saluran air mata sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. Itu artinya, ketika menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung dari berbagai iritan (zat yang mengiritasi).

Oleh karena itulah, ketika menangis, hidung akan berair dan mengeluarkan lendir, yang kemudian kamu bersihkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: