Honda

Program Ketahanan Pangan Lubuk Mabar Dipasarkan Langsung ke Pembeli

Program Ketahanan Pangan Lubuk Mabar Dipasarkan Langsung ke Pembeli

TABUR PELET : Penjaga kolam ikan lele sedang menabur pelet sebagai makanan, Rabu 16 November 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM - Program Ketahanan pangan melalui dana desa (DD) memang harus dilaksanakan, sebagai bentuk memberikan pendapatan tambahan warga ataupun kelompok tani (Koptan).
 
Hal ini, terlihat di Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, dimana, Pemerintah Desa (Pemdes) melaksanakan budidaya ikan lele kerambah.
 
"Puluhan ribu bibit ikan lele kita lepas di kolam kerambah, sehingga ketika panen mudah untuk mengangkatnya," jelas Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Rabu 16 November 2022.
 
 
Yeni Fitriana mengemukakan, ikan lele ini memang sangat mudah memeliharanya, dan cepat beradaptasi dengan iklan apapun.
 
"Tinggal rajin-rajin memilah.ikan yang sudah berukuran sedang dan kecil. Untuk pangsa pasarnya sendiri sudah ada langsung membelinya," paparnya.
 
 
Sejauh ini, sambung dirinya, usia ikan lele itu sendiri memasuki bulan ke empat, dan tengah dilakukan pemilahan ukurannya.
 
"Kalau tidak begitu, ikan berukuran kecil akan disantap oleh yang besar, dan untuk pemberian makanan peletnya diberikan pagi dan petang hari," beber Yeni Fitriana.
 
 
Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, Drs H Deswan Irsyad MPdi menerangkan, kebutuhan akan konsumsi ikan masih sangat kurang sekali.
 
"Kita bicara ruang lingkup Kota Lahat, untuk memenuhi akan ikan di pasar pun sangat kurang, bahkan didatangkan dari Bengkulu, Lubuk Linggau dan Kota Pagaralam," ucapnya.
 
 
Dirinya menuturkan, kendatipun kini di Kabupaten Lahat sudah banyak budidaya ikan di media kolam terpal, tanah dan kerambah hanya saja, belum cukup signifikan juga.
 
"Untuk itulah, kita terus mensosialisasikan kepada Pemerintah Desa (Pemdes) agar membentuk Koptan untuk ketahanan pangan, terutama sektor ikan," papar H Deswan Irsyad.
 
 
H Deswan Irsyad menerangkan, mengkonsumsi ikan ini juga dapat mengantisipasi terjadinya stunting terhadap anak-anak, dan sangat baik dikonsumsi pada saat ibu lagi hamil, hal tersebut secara tidak langsung mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.
 
"Makan ikan ini banyak sekali vitamin dan mineral, sehingga bukan hanya mencegah stunting semata, melainkan mampu menciptakan otak yang cerdas dan pintar," tandasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: