Honda

Tips Sukses Berkarir di Luar Jurusan Kuliah

Tips Sukses Berkarir di Luar Jurusan Kuliah

ilustrasi berkarir di luar jurusan kuliah-foto. freepik-

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa mencari pekerjaan lebih baik disesuaikan dengan jurusan kuliah agar bisa sukses.

Padahal faktanya, istilah sukses itu relatif. Beberapa pekerjaan memang memerlukan bidang yang sama antara jurusan kuliah dan job desc-nya.

Namun ada pula pekerjaan yang bisa kita tekuni meski jurusan kuliah kita berbeda. 

Bahkan peluang meraih kesuksesan pun sama.

BACA JUGA:Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Pria Pekerja Keras

Saat memilih untuk berkarier dengan bidang yang tidak sesuai jurusan kuliah yang kita jalani, berikut beberapa tips mencari kerja agar mudah diterima di perusahaan impian.

 

1. Riset industri dan pekerjaan yang kita inginkan

Langkah pertama yang bisa kita lakukan ialah dengan meriset berbagai hal, termasuk industri hingga lowongan pekerjaan yang tersedia.

Riset ini dapat dilakukan melalui banyak sumber, seperti mencari informasi secara online atau bertanya kepada orang yang sudah bekerja di perusaaan tersebut.

Selain itu, mempelajari lebih banyak tentang bidang baru yang ingin digeluti juga dapat membuat kita memahami tentang keterampilan atau skill yang dibutuhkan.

Bila perlu, kita juga dapat mengikuti sejumlah tes karier untuk membantu menentukan jenis pekerjaan yang sesuai minat serta keahlian yang kita miliki.

 

2. Mengembangkan keterampilan baru

Proses mencari kerja tak cuma membutuhkan ijazah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: