Honda

Simak 4 Keutamaan Sholat Qobliah Subuh, Nomor 3 Jarang Diketahui

Simak 4 Keutamaan Sholat Qobliah Subuh, Nomor 3 Jarang Diketahui

Kamu Berada diantara Pilihan? Yuk Sholat Istikharah!--pixabay.com

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh.

Yang artinya Rasulullah telah memberi kita contoh untuk mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh.

Jika kita mengerjakannya berarti kita telah mengikuti salah satu teladan bagi Rasullulah.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Doa Mustajab untuk Si Buah Hati Tercinta

3. Sebagai Penutup Kekurangan Sholat Wajib

Ternyata salah satu keutamaan dari mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh ini yaitu dapat menutupi kekurangan sholat wajib.

Berikut hadits yang menjelaskan tentang hal diatas.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah sholat.

Kemudian Allah Ta'ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu.

"Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika sholatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Jika ia memiliki sholat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu." (HR. Abu Daud).

BACA JUGA:Doa Mustajab untuk Si Buah Hati Tercinta

4. Mendapat Rumah di Surga

Ayo siapa sih yang tidak mau mendapatkan rumah di surga? yups keutamaan sholat sunnah sebelum subuh yang selanjutnya yakni mendapat balasan berupa rumah di surga.

Berikut hadits yang menjelaskan keutamaan diatas: Ummu Habibah radhiyallahu 'anha, Istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, dia berkata:

"Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Seorang hamba yang muslim melakukan sholat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga."

(Kemudian) Ummu Habibah radhiyallahu 'anha berkata, "Setelah aku mendengar hadis ini aku tidak pernah meninggalkan sholat-sholat tersebut." (HR. Muslim).

BACA JUGA:Warisan Nyai Nur Chalimah Chudlori: Baca Doa Mustajab Ini Mempercepat Ketemu Jodoh, Subhanallah!

Meskipun sholat sunnah sebelum subuh memiliki keutamaan untuk menutupi kekurangan sholat wajib, namun jangan tinggalkan sholat wajib ya dengan alasan apapun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: