Honda

SELAMAT! 8 Pegiat Seni Terima Anugerah Batanghari Sembilan, Berikut Nama-Namanya

SELAMAT! 8 Pegiat Seni Terima Anugerah Batanghari Sembilan, Berikut Nama-Namanya

SENIMAN Kepala Disbudpar Sumsel Dr H Aufa Syahrizal saat mengabadikan momen usai menyerahkan Anugerah Batanghari Sembilan kepada 8 pegiat seni di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Ahad, 27 November 2022, malam.-Foto: Sri Devi/palpres.com-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan Anugerah Batanghari Sembilan kepada 8 pegiat seni di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Ahad, 27 November 2022, malam.

Anugerah ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap masyarakat yang sudah berusaha mengembangkan seni dan budaya agar tetap dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kepala Disbudpar Sumsel Dr H Aufa Syahrizal, mengatakan, peraih anugerah Batanghari Sembilan memang dinilai orang yang secara konsisten melestarikan seni dan budaya.

Oleh sebab itulah, seleksi penganugerahan ini melibatkan tim ahli, salah satunya menggandeng Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS).

BACA JUGA:Kembangkan Seni Teater, Museum Negeri Sumsel Gelar Workshop Teater Sekolah

“Kita menyerahkan kepada orang yang layak menerimanya, seleksinya dilakukan secara selektif,” kata Dr Aufa.

Lebih jauh dia menjelaskan, malam Anugerah Batanghari Sembilan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap warga yang konsisten mengembangkan seni dan budaya di Sumatera Selatan.

Sebab, sambung Dr Aufa, penganugerahan Batanghari Sembilan ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat agar meneguhkan semangat dalam mengembangkan kesenian daerah.

“Kita lebih bahagia lagi memberikan mereka penghargaan ini. Sebab, pegiat seni ini yang berkomitmen memajukan seni dan budaya kita. Dan perlu kita ingat, seni budaya ini merupakan kekayaan kita, muatan lokal kita yang harus dipertahankan. Jangan sampai budaya kita diambil orang lain,” tegasnya.

BACA JUGA:LENGKAP! Susunan Upacara HUT Korpri Ke-51 Buat ASN Guru di Sekolah, Besok 29 November 2022

Oleh sebab itulah, Anugerah Batanghari Sembilan ini sebagai upaya yang dilakukan Disbudpar Sumsel untuk mempertahankan dan meneguhkan semangat seni dan budaya Sumatera Selatan.

“Sesuai dengan nomenklatur kita, kebudayaan dan pariwisata. Kita menggandeng 17 kabupaten kota untuk mengembangkan potensi daerahnya terutama seni dan budaya. Sehingga Sumsel Maju Untuk Semua ini bisa direalisasikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disbudpar Sumsel, Cahyo Sulistyaningsih, S.Sos mengatakan, Anugerah Batanghari Sembilan merupakan agenda tahunan.

Awalnya, anugerah ini diberi nama Anugerah Gubernur Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: