Honda

5 Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat dan Antioksidan

5 Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat dan Antioksidan

Manfaat Rosella untuk Kesehatan--

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam rosela berpotensi untuk mencegah penuaan dini serta menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit parkinson dan penyakit alzheimer.

5. Memiliki sifat antidepresan 

Teh rosella mengandung sifat antidepresan seperti flavonoid. 

Sehingga dapat membantu menenangkan sistem saraf, serta membantu mengurangi kecemasan dan depresi dengan menciptakan sensasi rileks pada tubuh dan pikiran.

6. Meredakan nyeri haid

Mengonsumsi teh herbal rosella dapat membantu meredakan kram dan nyeri haid dan memulihkan keseimbangan hormonal (yang juga dapat mengurangi gejala menstruasi lainnya seperti perubahan suasana hati, depresi, dan makan berlebihan).

 

Berikut ini langkah-langkah mengolah teh rosella:

• Pertama, kumpulkan buah kembang rosella dan cuci bersih, keringkan dengan sendirinya atau keringkan dalam oven pada suhu 70 derajat c selama 3 hari.

• Kupas kelopaknya dan simpan dalam wadah kedap udara.

• Untuk membuat teh, cukup ambil 2 gram kelopak kering, dan hancurkan menjadi potongan-potongan kecil menggunakan roller kayu.

• Masukkan ke dalam kantong teh atau jaring, tambahkan 250 ml air mendidih biarkan terendam selama lima menit, lalu saring, tambahkan pemanis  jika diinginkan dan nikmatilah.

Teh rosella dapat dikonsumsi panas atau dingin dan memiliki rasa asam yang mirip dengan cranberry.

Untuk alasan ini, banyak orang sering menambahkan pemanis dengan madu atau ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis untuk menyeimbangkan rasa getirnya.

Untuk mendapatkan manfaat teh rosella, kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak 1,5-3 gram per hari dalam 1-2 cangkir teh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: