Honda

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib dicicipi

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib dicicipi

Kuliner Nusantara dar daerah Lampung-NET.-

 

2. Satai Ikan Tuhuk

 

 

 

Masyarakat yang bermukim di Pesisir Barat Lampung sangat mengenal ikan blue marline atau biasa disebut ikan tuhuk. Ikan tersebut merupakan ikan perairan laut dalam Samudera Hindia yang biasa ditangkap oleh nelayan sekitar.

 

 

BACA JUGA:Resep Seblak Cocol yang lagi Viral ditiktok

 

 

Daging ikan tuhuk sangat khas, berbeda dengan ikan laut lainnya. Ikan ini berdaging tebal, manis, dan lembut. Bila diolah, tekstur dagingnya mirip dengan daging ayam. Tidak heran bila berbagai masakan berbahan dasar daging ikan ini menjadi primadona masyarakat, bahkan turis dari mancanegara.

 

 

 

Menikmati satai ikan tuhuk tidak berbeda dengan satai jenis lainnya, yakni dengan bumbu kacang. Hanya saja, bumbu kacang di Pesisir Barat cenderung lebih pedas.

 

 

 

3. Sekubal

 

 

 

Sekubal atau juga disebut kue segumpal ini merupakan salah satu jenis makanan khas dari Lampung yang sangat mudah untuk ditemui saat bulan Ramadhan. Makanan asli dari kota Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan.

 

 

 

Kue segumpal biasanya disajikan saat ada perayaan adat dan juga saat berbuka puasa. Memasak sekubal membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena proses pembuatan sekubal membutuhkan waktu delapan sampai sepuluh jam. Menikmati sekubal sangatlah mudah. Sekubal yang telah dingin dibuka bungkusnya, lalu satu persatu irisan sekubal sepanjang 5 cm kita lepaskan. Setiap irisan sekubal dipisahkan dengan potongan daun pisang.

 

 

BACA JUGA:Resep Korean Garlic Cheese Bread Gampang Buatnya Lumer dilidah

 

 

Penyuka manis dapat menikmati sekubal dengan tape ketan hitam, sedangkan penyuka gurih dan pedas dapat menikmati sekubal bersama bumbu rendang. Rasa sekubal yang nikmat, gurih, dan mengenyangkan, menjadikan makanan ini sebagai makanan favorit yang tak pernah tertinggal saat perayaan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: