Honda

Kang Emil Minta Waspadai Berita Hoax Soal Gempa Garut

 Kang Emil Minta Waspadai Berita Hoax Soal Gempa Garut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil --jpnn.com

BANDUNG, PALPRES.COMGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil minta agar warga menyikapi dengan baik pemberitaan terkait gempa bumi yang mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu, 3 Desember 2022 sore tadi.

Warga juga diminta berhati-hati terhadap berita hoax yang menggunakan foto/video gempa Ciajur, kemudian dilabeli menjadi gempa Garut.

Hal ini dikatakan Kang Emil, demikian Gubernur Jawa Barat inu akrab disapa, di akun Instagramnya, Sabtu, 3 Desember 2022.

Menurut Kang Emil, gempa bumi yang terjadi sore tadi di Garut adalah gempa pada skala 6,4 Magnitudo di kedalaman 118 km.

BACA JUGA: Gempa 6,4 Magnitudo Guncang Garut, Sempat Kagetkan Warga

Sementara gempa di Ciajur kedalam dangkal 10 km.

“Sementara laporan pandangan mata di lokasi gempa Pantai Sayang Heulang Garut Selatan, kondisi dilaporkan Babimkamtibmas masih aman dan terkendali. 

Tak ada laporan kerusakan. 

Semoga ditempat lain dilaporkan juga serupa, amin,’’ ujar Kang Emil.

BACA JUGA: Gempa Megathrust Bisa Picu Bencana Luar Biasa di Pesisir Jawa - Sumatera

Sebelumnya, setelah gempa hebat yang mengguncang Cianjur beberapa waktu lalu hingga menyebabkan lebih dari 100 korban jiwa, teranyar gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, sekitar pukul 16.49 WIB, Sabtu, 3, Desember 2022.

Menurut informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kekuatan gempa bumi yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut sore hari ini, mencapai 6,4 magnitudo.

Gempa tersebut berpusat di kedalaman 118 kilometer, tepatnya di 7,51 Lintang Selatan dan 107,52 Bujur Timur dan berada di darat. 

Sekitar kurang lebih 52 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram ridwankamil