Honda

Cara Warga Kabupaten Lahat Menjaga Lingkungan, Ini yang Dilakukan

Cara Warga Kabupaten Lahat Menjaga Lingkungan, Ini yang Dilakukan

ANGKUT SAMPAH : Tampak petugas kebersihan lingkungan RW 01, Kelurahan Talang Jawa Selatan sedang mengangkut sampah dari rumah warga, Senin 5 Desember 2022.-Bernat Palpres.com-

LAHAT,PALPRES.COM - Kebersihan lingkungan merupakan sebagian daripada iman, dan oleh karena itulah, sudah kewajiban semua untuk menciptakan lingkungan sehat, bersih dan indah.

Nah, hal ini terlihat dari lingkungan rukun warga (RW) 01, Kelurahan Talang Jawa Selatan, Kecamatan Kota Lahat, dimana, agar membuat terlihat lebih bersih dan Bercahaya, maka, petugas kebersihan pun dilibatkan.

"Betul, apalagi satu unit bentor yang dipergunakan merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam hal ini Bupati Lahat, Cik Ujang SH," jelas Ketua RW 01, Kelurahan Talang Jawa Selatan, Novriyanto BA, Senin 5 Desember 2022.

BACA JUGA:Begini Cara Pengolahan Sampah Yang Tepat dan Benar

Novriyanto menyebutkan, dalam seminggu petugas kebersihan akan berkeliling lingkungan RW 01 sebanyak tiga kali.

"Kita jadwalkan pengangkutan sampah dimasing-masing pemukiman warga dari Senin, Rabu dan Jumat. 

Dimana, masyarakat tinggal membungkus rapi sisa makanan atau minuman didalam kantong plastik ataupun karung," sebutnya.

Dirinya menambahkan, setelah seluruh sampah terangkut, barulah dibuang ke tempat sampah sementara (TPS), yang telah disediakan sembari kendaraan besar akan memindahkannya.

BACA JUGA:Tumpukan Sampah di TPA Sidomulyo Banyuasin Meluber Ke Jalan

"Tentunya, dengan adanya armada sampah yang bisa masuk ke lorong-lorong kecil, mempermudah jangkauan warga membuang sampah pada tempatnya, paling terpenting lingkungan semakin sehat dan Bercahaya," tegas Novriyanto.

Sementara itu, Lurah Talang Jawa Selatan, H Adeih Candra SE membenarkan, bahwasanya ruang lingkup lingkungannya ada tiga unit bentor bantuan dari Bupati Lahat.

"Masing-masing menerima satu unit bentor, diantaranya RW 01, 03 dan 05. Yang berfungsi mengangkut sampah masyarakat yang sulit terjangkau," ucapnya.

Untuk itulah, masih kata dirinya, permasalahan sampah dapat teratasi, dan kawasan yang kerap kali langganan banjir, kemungkinan besar dapat berkurang sebab sampah yang biasa dibuang sembarangan, kini tinggal ditanggal diatas pagar.

BACA JUGA:Lautan Sampah di Pasar Mega Asri Talang Kelapa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: