Honda

Diperingati 22 Desember, Inilah Sejarah dan Makna Peringatan Hari Ibu

Diperingati 22 Desember, Inilah Sejarah dan Makna Peringatan Hari Ibu

Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu Inilah Sejarah dan Makna Peringatan Hari Ibu-freepick-disway.id

PALEMBANG, PALPRES.COM – Setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu, yang diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.

Biasanya masyarakat Indonesia, mengungkapkan rasa kasih sayang dan terimakasih kepada para ibu dengan memuji dan memberikan kado spesial kepada ibu di tanggal 22 Desember tersebut.

Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, mulai membuat bunga, pesta kejutan bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.

Kemudian muncul pertanyaan, mengapa setiap tanggal 22 Desember tersebut diperingati sebagai Hari Ibu? Adakah peristiwa yang bersejarah dan istimewa yang terjadi pada tanggal tersebut. Mungkin pertanyaan seperti ini sempat terbesit dalam fikiran kita tapi sampai saat ini belum mendapatkan jawaban yang memuaskan.

BACA JUGA:SIMAK! Pesan Jokowi Buat Guru Honorer yang Diangkat ASN PPPK 2023

 

Melansir dari kemdikbud.go.id,  pada tanggal 22 - 25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I (yang pertama).

Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto, Yogyakarta menjadi saksi sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Kalau melihat kembali sejarah, sebenarnya sejak tahun 1912 sudah ada organisasi perempuan.

Pejuang-pejuang wanita pada abad ke 19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain secara tidak langsung telah merintis organisasi perempuan melalui gerakan-gerakan perjuangan.

BACA JUGA:Salurkan Bakat Pelajar, Seniman Palembang Gelar Lomba Seni Berbasis Lokal

Hal itu menjadi latar belakang dan tonggak sejarah perjuangan kaum perempuan di Indonesia, dan memotivasi para pemimpin organisasi perempuan dari berbagai wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib bagi kaum perempuan.

Pada Kongres Perempuan Indonesia I yang menjadi agenda utama adalah mengenai persatuan perempuan Nusantara; peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan; peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

Banyak hal besar yang diagendakan namun tanpa mengangkat masalah kesetaraan jender, para pejuang perempuan itu menuangkan pemikiran kritis dan upaya-upaya yang amat penting bagi kemajuan bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: