Honda

5 Cara Ampuh Perbaiki TV Digital yang Sering Hilang Sinyal

5 Cara Ampuh Perbaiki TV Digital yang Sering Hilang Sinyal

Ilustrasi salah satu merek Set Top Box-Dok-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Pemerintah sudah menerapkan kebijakan untuk menghentikan siaran tv analaog pada beberapa waktu lalu. 

Rabu, 2 November 2022 tengah malam, siaran televisi di Indonesia resmi mulai beralih dari siaran Analog ke Digital.

Walapun untuk sementara, kebijakan itu baru berlaku di Jabodetabek dan sejumlah daerah lain.

Dengan berlakunya kebijakan itu, maka praktis televisi yang tak bisa menangkap siaran digital dilayarnya akan banyak ‘semut’. 

Kecuali Smart TV dan televisi lama yang sudah dilengkapi dengan perangkat tambahan penangkap siaran digital Set Top Box (STB).

Agar tidak salah pilih dalam membeli, masyarakat diimbau untuk memilih set top box yang telah tersertifikasi pemerintah dalam hal ini Kominfo.

BACA JUGA: Tak Mesti Pakai Set Top Box untuk Nonton TV, Begini Caranya

Jika Anda mengalami kendala tersebut, berikut cara memperbaikinya : 

1. Pastikan Daerah Anda Sudah Dijangkau Sinyal TV Digital

Syarat utama agar bisa menikmati siaran TV digital dengan set top box adalah daerah Anda sudah terjangkau sinyal TV digital. 

Mengingat saat ini perkembangan sinyal TV digital belum sepenuhnya rampung, jadi masih ada beberapa daerah yang memang belum terjangkau sinyal TV digital.

Untuk memastikan apakah daerah Anda sudah terjangkau sinyal TV digital atau belum, kami sarankan untuk mengeceknya menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang bisa di download melalui Playstore.

Dengan bantuan aplikasi tersebut, Anda bisa mengetahui jarak pemancar sinyal terdekat sehingga bisa memastikan apakah daerah Anda sudah tercover sinyal TV digital atau belum dan bisa menjadi pertimbangan sebelum beralih ke STB.

BACA JUGA:LENGKAP! Daftar Set Top Box TV Digital Berlaku di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: