Honda

5 Pakaian Adat Sumatera Selatan yang Unik dan Elok Dipandang

5 Pakaian Adat Sumatera Selatan yang Unik dan Elok Dipandang

pakaian adat khas sumatera selatan-alhadi-palpres.com

Baju adat Basemah ini dihiasi dengan banyak aksesoris seperti kalung emas, ada mahkota dan konde yang juga terbuat dari emas.

BACA JUGA:5 Macam Kerupuk dan Kemplang Khas Palembang Bisa Jadi Buah Tangan

3. Pakaian Adat Banyuasin

Baju adat Banyuasin merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang sering digunakan oleh para pengantin pada saat upacara pernikahan.

Dimana baju adat ini mempunyai warna yang cukup berbeda dari pakaian adat lainnya dimana cenderung didominasi oleh warna yang cerah. Sementara untuk baju adat banyuasin mempunyai warna yang lebih gelap atau hitam dengan perpaduan kuning keemasan.

Empat Lawang merupakan pakaian adat yang berasal dari kabupaten Empat Lawang tepatnya berbatasan langsung dengan daerah Rejang Lebong Bengkulu.

4. Pakaian Adat Empat Lawang

Dimana baju Adat empat Lawang merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang mempunyai motif bunga dengan hub dan juga songketnya yang cukup unik.

Baju adat empat lawang ini mempunyai warna merah dan dilapisi dengan menggunakan aksesoris pendukung lainnya yang berasal dari kuningan dan tampak seperti ditaburi lapisan emas.

BACA JUGA:Mengenal 5 Keraton Kesultanan Palembang Darussalam, Begini Kata Kerabat Sultan

Pakaian yang digunakan oleh pengantin pria adalah dengan menggunakan jubah atau baju kebesaran dengan panjang mencapai basah lutut.

Sementara pada kaum wanita akan nampak anggun dengan menggunakan lapisan songket pada beberapa bagian pakaiannya.

5. Pakaian Adat Ogan Ilir

Ogan Ilir merupakan pakaian adat Sumatera Selatan yang berasal dari kabupaten Ogan Ilir. 

Dimana bagi adat Ogan Ilir ini masih memadukan pakaian pria dengan pakaian wanita dengan menggunakan balutan songket khas dari Sumatera Selatan dan juga menggunakan aksesoris hiasan mahkota yang juga terbuat dari lapisan emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: