Honda

7 Sungai Terpanjang di Indonesia, Sungai Musi Ada Gak ya?

7 Sungai Terpanjang di Indonesia, Sungai Musi Ada Gak ya?

PALEMBANG,PALPRES.COM – Selain dikelilingi Laut dan Gunung, Indonesia juga memiliki banyak sekali sungai-sungai yang membentang di semua pulau.

Sungai-sungai ini memiliki ukuran yang berbeda- beda biasanya dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan, dan transportasi.

Konon katanya, sungai di Indonesia mencapai lebih kurang 70.000 batang sungai yang membentang di semua pulau di Indonesia.

Diantara banyaknya sungai di Indonesia tersebut, Sungai Musi termasuk ke dalam sungai terpanjang atau tidak ya?

BACA JUGA:Inilah Alasan Sumatera Selatan Disebut Batanghari Sembilan

Penasaran kan, yuk simak penjelasan berikut mengenai sungai terpanjang di Indonesia yang dikutip Palpres.com dari ilmugeografi.com yang wajib kamu ketahui.

1. Sungai Kapuas

Sungai pertama yang dikategorikan sebagai sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas. Sungai Kapuas ini merupakan sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Sungai kapuas ini merupakan sungai yang sangat terkenal dan sungai Kapuas ini juga dicatatkan sebagai sungai yang terpanjang di Indonesia diantara sungai- sungai di Indonesia lainnya.

Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1.178 kilometer dan sungai yang diawali dari mata air yang asalnya dari Pegunugan Muler.

BACA JUGA:Komunitas Detector Sriwijaya Hibahkan 1000 keping Koin Sriwijaya Temuan Sungai Musi

Berawal dari mata air di Pegunungan Muller, sungai ini bermuara di Selat Karimata. Sungai Kapuas ini meruapakn sumber air bagi penduduk sekitarnya

Digunakan sebagai sarana transportasi. Penduduk di sekitar sungai Kapuas ini menggunakan arus sungai Kapuas menjadi sarana transportasi untuk menuju ke tempat- tempat lain dan juga untuk mengangkut berbagai macam barang dagangan untuk dapat dipindahkan ke tempat lainnya.

Sungai Kapuas yang melegenda ini juga disebut dengan ama Sungai Lawai.

Penduduk yang tingga di sekitar sungai tersebut adalah penduduk Suku Dayak dan Melayu. Penduduk suku ini bertempat tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

BACA JUGA:Pemasangan Lift Jembatan Ampera Merusak Landmark Kota Palembang

2. Sungai Mahakam

Sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia lainnya adalah sungai Mahakam. Seperti halnya sungai Kapuas, sungai Mahakam juga merupakan sungai yang terkenal di Indonesia.

Sungai Mahakam ini berada di wilayah Pulai Kalimantan sama seperti Sungai Kapuas, tepatnya di Kalimantan wilayah timur yang dinobatkan sebagai sungai yang terpanjang nomor dua setelah sungai Kapuas.

Sungai Mahakam ini merupakan sungai yang mempunyai panjang 920 km. Sungai ini dimanfaatkan untuk berbagai hal bagi kepentingan masyarakat.

Beberapa pemanfaatan sungai ini antara lain:Untuk irigasi atau pengairan, budidaya tanaman dan binatang, dan sarana transportasi. Masyarakat menggunakan arus sungai Mahakam sebagai transportasi untuk mengangkut barang- barang dagangan atau untuk pergi dari satu daerah ke daerah lainnya yang bisa dijangkau dengan transportasi sungai.

BACA JUGA:Simak! 5 Fakta Unik Sungai Sekanak Lambidaro Palembang yang Wajib Diketahui

3. Sungai Batanghari

Sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya atau yang nomor tiga adalah sungai Batanghari.

Sama seperti dengan Sungai Kapuas dan Mahakam, sungai Batanghari ini juga merupakan sungai yang terkenal oleh masyarakat. Perbedaannya dengan kedua sungai sebelumnya adalah bahwa sungai ini terletak di Pulau Sumatera.

Sungai Batanghari ini mempunyai panjang sekitar 800 km, sungai ini melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi, dimana bermula dari mata air Gunung Rasan dan bermuara di Laut Cina Selatan.

Selain terkenal, sungai Batanghari ini juga merupakan sungai yang bersejarah karena menjadi saksi bisu kemegahan dan juga kejayaan kerajaan Sriwijaya pada masa lampau. Sungai Batanghari merupakan sungai yang cantik, dan berpotensi dijadikan:”river cruise” atau pesiar sungai.

BACA JUGA:Prasasti Muara Sungai Durian, Bukti Takluknya Palembang di Tangan Kerajaan Majapahit

4. Sungai Barito

Sungai Barito ini merupakan salah satu sugai yang penting di Indonesia disamping sungai yang panjang di Indonesia. Sama halnya dengan sungai Mahakam dan sungai Kapuas, sungai ini juga terletak di wilayah Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Tengah.

Sungai Barito ini juga merupakan salah satu sungai yang terkenal, bahkan sungai ini juga dikenal dengan nama sungai Cina dan sungai Banjar.

Sungai ini terdapat sebuah kegiatan yang menarik yakni kegiatan pasar terapung, yang mana kegiatan jual beli dilakukan di atas perahu- perahu yang mengapung di sungai tersebut.

Aliran sungai Barito ini mempunyai cabang sehingga dapat dikatakan bahwa Sungai Barito ini adalah penggabungan dari beberapa sungai yang sudah ada sebelumnya. Air di sungai ini tampak berwarna coklat karena manegandung banyak lumpur.

BACA JUGA:Inilah Penampakan 2 Topi Zaman Belanda, Hasil Temuan Sungai Musi

5. Sungai Musi

Selanjutnya ada sungai Musi yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Pasti kita tidak asing lagi apabila mendengar nama sungai ini.

Ya, Sungai Musi merupakan icon Kota Palembang dimana seringkali kita jumpai bersamaan dengan jembatan Ampera. Sungai Musi ini juga mempunyai nama lain yakni Sungai Batanghari Sembilan (yang berarti sembilan sungai besar).

Panjang sungai Musi ini sekitar 750 kilometer. Sungai Musi ini bermula dari mata air di Kepahiang dan selanjutya bermuara di Selat Bangka.

Sungai Musi yang merupakan icon kota Palembang ini menjadi tempet nongkrong paling favorit untuk menikmati pemandangan kota Palembang.

BACA JUGA:Tonjolkan Pusaka Temuan Sungai Musi, Komunitas Paguyuban PPS Raih Stand Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: