Honda

1.131 Rumah Tangga di Kabupaten Banyuasin Nikmati Listrik Gratis Program BPBL

1.131 Rumah Tangga di Kabupaten Banyuasin Nikmati Listrik Gratis Program BPBL

Yulian Gunhar Anggota komisi VII DPR RI, didampingi Bupati Banyuasin Askolani, EVP Penjualan Layanan dan Retail PT PLN (Persero) Saleh Siswanto dan Direktur Teknik dan Lingkungan Dwinugroho secara simbolis menghidupakan aliran listrik di rumah salah satu -Alhadi Farid-Palpres.com

BANYUASIN, PALPRES.COM- Sebanyak 2.412 kepala rumah tangga di Provinsi Sumatera Selatan mendapatkan listrik gratis dari Pemerintah. 

Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini merupakan sinergi antara Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). 

Hal tersebut disampaikan Direktur Teknik dan Lingkungan Dwinugroho menyampaikan hal tersebut dalam Peresmian dan Penyalaan Pertama Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Tahun Anggaran 2022 di Desa Pangkalan Benteng, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Jumat 9 Desember 2022.

“Kabupaten Banyuasin mendapatkan 1.131 sambungan rumah tangga yang tersebar di 10 kecamatan. Kini telah tersambung sebanyak 2.412 rumah tangga di Provinsi Sumatera Selatan jadi sudah 100%,” ujar Nugroho.

BACA JUGA:Gelar Pesta Tanpa Ribet, Begini Cara Pasang Listrik Sementara Lewat PLN Mobile

Nugroho mengatakan saat ini masih terdapat masyarakat tidak mampu yang sudah terdapat jaringan listrik PLN di depan rumah, namun belum bisa mendapatkan akses listrik secara langsung sebagai pelanggan PLN

“Hal ini dikarenakan ketidakmampuan membayar biaya pasang baru listrik, sehingga harus menyalur atau berbagi sambungan listrik dengan tetangga,” ungkap Nugroho.

Ia menyampaikan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat untuk memperoleh akses listrik adalah melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang hari ini akan dilakukan peresmian dan penyalaan pertama untuk Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kabupaten Banyuasin.

Dalam kesempatan yang sama, Yulian Gunhar mengatakan DPR bersama pemerintah hadir untuk masyarakat yang belum terlistriki melalui program BPBL. 

BACA JUGA:Pemilik Mobil Listrik Wajib Tahu, Arti beserta Lokasi SPKLU di Palembang

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi program BPBL ini,” ujar Yulian.

Bupati Banyuasin Askolani Jasi mengatakan program BPBL ini merupakan program Presiden melalui Kementerian ESDM yang dilaksanakan oleh PLN dan diharapkan dengan program BPBL mampu untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat dengan akses listrik milik sendiri.

Ia mengatakan meskipun sudah 100 persen terlistriki namun masih terdapat desa yang belum tersambung listrik. 

“Masih terdapat tiga desa yang kondisinya sangat jauh dan dilindungi hutan lindung. Saya berharap agar semua terselesaikan,” tegas Askolani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com