Honda

Deretan Jalan Tol yang Akan Beroperasi dan Fungsional Selama Libur Nataru

Deretan Jalan Tol yang Akan Beroperasi dan Fungsional Selama Libur Nataru

Jalan tol Bengkulu–Taba Penanjung-Trisno Rusli-palpres.com

JAKARTA,PALPRES.COM- Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan seksi III Sadang-Kutanegara akan dibuka secara fungsional untuk libur natal dan tahun baru (Nataru). 

Tol sepanjang 8,5 kilometer itu akan bisa dilewati selama libur natal dan tahun baru atau nataru. 

Hal ini dilakukan untuk mengamankan kondisi lalu lintas jalan saat arus balik natal dan tahun baru. 

“Tol Sadang-Kutanegara akan dioperasikan secara fungsional ketika dibutuhkan,”ungkap Dirut Jasa Marga, Subakti Syukur, Senin 12 Desember 2022. 

Subakti mengatakan, perlu daya tampung yang lebih besar untuk mengantisipasi arus balik natal dan tahun baru yang diperkirakan terjadi pada 30 Desember hingga 1 Januari 2023 mendatang. 

BACA JUGA: Tak Terhubung ke Lubuklinggau, Tol Bengkulu Dinilai Minim Manfaat Ekonomi

Untuk itu pihaknya membuka tol Japek Selatan secara fungsional jika dibutuhkan. 

Sementara untuk Tol Sadang-Kutanegara jika jadi difungsikan, maka pengendara akan diarahkan ke jalan arteri terlebih dahulu. Setelah itu, pengendara bisa masuk lagi ke tol.

Subakti menjelaskan, pengendara akan masuk ke Tol Cipularang (Sadang KM 76) dan keluar ke jalan arteri. Setelah itu, pengendara masuk lagi ke Tol Jakarta-Cikampek (Karawang Barang KM 48).

"Di sini yang akan kita buka adalah seksi III dari Sadang sampai Kutanegara sekitar 8,5 km, kita salurkan ke jalan industri, nanti masuk lagi di Karawang melewati sebelum KM 48 mereka bisa naik lagi,"jelas Subakti.

BACA JUGA:Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Berbayar, Segini Tarifnya

Selain itu ada sejumlah tol lain yang juga dibuka fungsional selama nataru diantaranya Jalan Tol Kuala tanjung-tebing tinggi-parapat Seksi 1 (20,4 km), Jalan Tol Semarang Demak seksi 2 (16,31 km) yang saat ini sudah dilakukan Uji Laik Fungsi Jalan Tol dan siap dilintasi kendaraan. 

Jalan Tol Japek selatan paket 3 segmen Sadang kutanegara (8,5 km) siap difungsionalkan mendukung Nataru melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun (SS) Karawang Timur.  Jalan Tol Ciawi – Sukabumi seksi 2 (11,9 km).

Jalan Tol Bekasi - Cawang - Kp. Melayu seksi 2A dan 2A - Ujung (4,88 km) dan telah dilakukan Uji Laik Fungsi sejak tanggal 23 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: