Honda

Kuota Beasiswa Kedokteran Ditambah Kemenkes, Cek Link Pendaftarannya

Kuota Beasiswa Kedokteran Ditambah Kemenkes, Cek Link Pendaftarannya

Ilustrasi-Pixabay-

JAKARTA, PALPRES.COM – Peluang kamu-kamu yang berminat untuk mendapatkan beasiswa kedokteran dan fellowship kian besar, karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menambah kuota 82 program studi (prodi) pada tahun 2023 mendatang.

Untuk pendaftaran sendiri, sudah dibuka sejak 9 Desember sampai 23 Desember 2022.

Penambahan kuota tersebut, guna memenuhi dan memeratakan layanan spesialistik seperti kanker, jantung, stroke, uro-nefrologi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di semua fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah terutama di wilayah Indonesia Timur dan DTPK. 

Soal penambahan kuota beasiswa kedokteran dan fellowship tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/F/2812/2022 tentang Rekrutmen Program Bantuan Pendidikan Kedokteran dan Fellowship Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2023.

BACA JUGA:CATAT! 11 Bansos Akan Dilanjutkan Tahun 2023, Satu Keluarga Bisa Dapat Rp20 Juta

Menurut Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, Arianti Anaya seperti dikutip rakyatbengkulu.disway.id dari laman resmi Kemenkes, Rabu, 14 Desember 2022, sebelumnya Kemenkes RI hanya menyediakan kuota beasiswa kedokteran dan fellowship untuk 47 prodi dokter spesialis dan subspesialis.

"Tahun 2023 mendatang kedokteran dan fellowship ditambah 82 prodi, termasuk di dalamnya ada fellow dan dokter spesialis layanan primer," kata Arianti.

Dirinci oleh Arianti, 82 prodi yang ditambahkan terdiri dari 51 prodi untuk dokter spesialis dan subspesialis, 29 fellowship dan 2 dokter spesialis kedokteran layanan primer.

Jumlah tersebut, telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

BACA JUGA:Anne-Dedi Mulyadi Sibuk Berseteru, Kejaksaan Purwakarta Bidik Tiga Kasus Korupsi Pemkab

"Mudah-mudahan, dengan adanya perluasan dan penambahan kuota beasiswa kedokteran dan fellowship ini bisa memenuhi kekurangan tenaga kesehatan sekaligus memperkuat layanan kesehatan di seluruh pelosok tanah air," harap Arianti.

Berikut tata cara melakukan pendaftaran beasiswa kedokteran dan fellowship yang dirangkum dari laman resmi Kemenkes, Rabu, 14 Desember 2022. 

1. Mendaftar dan mengunggah dokumen persyaratan secara online melalui laman https://bandikdok.kemkes.go.id.

2. Membuat surat pernyataan calon peserta Program Bantuan Pendidikan dan Fellowship.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rakyatbengkulu.com