Honda

HORE! Tahun 2023 Kemenkes Naikkan Bantuan Biaya Hidup Dokter, Ini Besarannya

HORE! Tahun 2023 Kemenkes Naikkan Bantuan Biaya Hidup Dokter, Ini Besarannya

Kemenkes evaluasi dan lakukan penyesuaian biaya bantuan hidup dokter internship-freepik-

3.Kalimantan dan Sulawesi (di luar DTPK) dengan nominal Rp3.727.034.

4.Keempat, Sumatera dan Nusa Tenggara Barat (di luar ibu kota provinsi dan DTPK) dengan nominal Rp3.498.800.

5.Kelima, ibukota provinsi di Sumatera dan Nusa Tenggara Barat dengan nominal Rp3.241.200.

6.Keenam, Jawa dan Bali dengan nominal Rp3.241.200.

BACA JUGA:RSUD Rupit Terima 16 Dokter Internship

“BBH di daerah DTPK diberikan lebih tinggi, dengan harapan dapat mendorong calon peserta internship untuk mau memilih wahana di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan,” tandas Budi.

Sebelumnya, akun @adaibrahim yang menilai gaji Rp1,1 juta untuk dokter dan dokter gigi di beberapa wilayah terlalu kecil. Menarik perhatian publik karena mengeluhkan insentif yang ia dapatkan selama magang. 

"Halo @KemenkesRI mohon dipertimbangkan, ya, terkait gaji atau bantuan hidup dokter internship yang turun untuk penempatan di beberapa daerah hingga tinggal Rp1,1 juta!. Luar biasa jauh di bawah UMR untuk daerah manapun di Indonesia. Segitu murahnya kah harga kerja dokter?" ungkap dr Asa Ibrahim di Twitter.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga menyiapkan beasiswa bagi dokter yang menempuh pendidikan spesialis. Hal ini dilakukan untuk mengatasi krisis dokter spesialis di Indonesia. 

BACA JUGA:HORE! Bansos Ini Cair Lagi Akhir Tahun 2022, Besarannya Rp450 Ribu Per KPM, Cek Syarat Pengambilannya

Rencananya, beasiswa ini disiapkan untuk 1.500 dokter yang akan menempuh Pendidikan spesialis. Melalui beasiswa ini diharapkan dapat mengatasi kekurangan jumlah dokter spesialis di Indonesia.

Selain itu Kemenkes juga akan menekan kerjasama dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Kerjasama tersebut untuk memastikan pembayaran gaji kepada dokter dibayar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: