Honda

7 Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang

7 Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang

Pulau Komaro salah satu Tempat Wisata Budaya Populer di Palembang-Foto: Alhadi Farid-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Kota PALEMBANG merupakan kota tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak masa Kerajaan Sriwijaya.

Oleh sebab itulah, banyak warisan baik itu sejarah maupun budaya yang ditinggalkan oleh leluhur terdahulu baik itu bangunan kuno, tradisi, seni budaya, sejarah dan lainnya.

Di Palembang sendiri banyak sekali tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi yang tak kalah bagus dari wisata lainnya.

Sebab, disana kamu akan mengetahui kebudayaan Kota Palembang yang dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya, serta dapat motivasimu untuk melestarikan serta menjaga budaya.

BACA JUGA:7 Tempat Liburan Akhir Tahun di Palembang, Nomor 6 Paling Favorit

Untuk itulah, jika kamu berencana melakukan perjalanan, sebaiknya untuk berkunjung ke tempat wisata budaya di Kota Palembang.

Berikut 7 tempat wisata budaya yang populer di Kota Palembang yang wajib dikunjungi bersama keluarga dan sahabat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masjid Agung Palembang

Masjid ini merupakan masjid peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 18 dan pernah terbakar pada saat perang antara Belanda dan masyarakat Palembang Darussalam pada tahun 1659 kemudian dibangun kembali oleh sultan pada tahun 1738.



BACA JUGA:Menilik Pesona Jembatan Ampera, Jadi Pintu Gerbang Destinasi Sungai Musi dan Pulau Kemaro

Masjid ini memiliki keunikan serta ciri khas yang memadukan tiga kebudayaan yaitu Indonesia, Eropa dan juga China dan menjadi saksi bisu sejarah Kota Palembang dan sudah ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Pada atapnya berbentuk limas tapi menyerupai kelenteng dengan ornamen warna emas.

Menara di dekat masjid berbentuk kerucut seperti tumpeng atau gunungan. Dinding beton yang tebal, pintu, dan pilar-pilar besar penyangga bagian depan masjid serupa bangunan peninggalan kolonial yang berarsitektur Eropa.



Bagi masyarakat Kota Palembang, mungkin masjid ini sudah tidak asing lagi karena letaknya yang strategis dan berada di pusat kota Palembang dan menjadi salah satu tempat religi yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke kota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: