Honda

Pemkab Musi Banyuasin Distribusikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Talang Leban

Pemkab Musi Banyuasin Distribusikan Bantuan Korban Kebakaran Desa Talang Leban

Tim BPBD Muba memberikan bantuan kepada warga Desa Talang leban. --Kominfo Muba For Palpres.com

MUBA,PALPRES.COM- Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Sosial serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) langsung mendistribusikan sejumlah bantuan kebutuhan warga terdampak musibah kebakaran, Jumat 16 Desember 2022.

Dimana sebelumnya, sebanyak 6 rumah warga Dusun I Talang Leban Kecamatan Batanghari Leko Kamis 15 Desember 2022 malam terbakar akibat mobil pengangkut minyak ilegal.

Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud mengajak semua pihak dan kalangan untuk turut andil meringankan beban warga yang terdampak musibah kebakaran di Talang Leban.

"Bagi masyarakat yang ingin partisipasi membantu bisa langsung ke lokasi, kita bersama-sama ringankan beban saudara kita yang terkena musibah ini," ucapnya.

BACA JUGA:Terkait Kebakaran di Desa Talang Leban, Kapolres Musi Banyuasin Pastikan Kejar Pelaku Hingga Dapat

Apriyadi juga menuturkan, bantuan dari Pemkab Muba akan semaksimal mungkin disalurkan demi memfasilitasi kebutuhan warga terdampak.

"Semoga diberi ketabahan," tandasnya.

Sementara Kepala BPBD Muba, Pathi Ridwan mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin hari ini menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran tersebut.

"Ada berbagai bantuan logistik yang telah diturunkan, diantaranya paket perlengkapan makan, perlengkapan sekolah, perlengkapan bayi, sembako, beras, dan selimut," ungkap Kepala BPBD Muba, Pathi Ridwan.

Pathi menyebutkan, ada sebanyak lima unit rumah warga yang hangus terbakar diantaranya kediaman Indra (45), Herman (49), Abis (25), Suhaina (49) , dan Hengki (34).

BACA JUGA:Terjun ke Lokasi Kebakaran di Desa Talang Leban, ini Arahan PJ Bupati Musi Banyuasin

"Saat ini tim medis dan kebutuhan operasionalnya telah disiagakan di sekitar lokasi kejadian kebakaran.

Prinsipnya sesuai arahan pak Bupati Apriyadi Pemkab Muba akan memfasilitasi kebutuhan warga yang menjadi korban kebakaran," tuturnya.

Berita sebelumnya, kebakaran hebat menghanguskan 5 rumah warga Desa Talang Leban, Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis 15 Desember 2022 sekitar pukul 19.30 WIB.

BACA JUGA:Terjunkan 5 Unit Mobil Damkar Padamkan Api di Desa Talang Leban Musi Banyuasin

Diketahui, kebakaran tersebut diakibatkan sebuah mobil Daihatsu Grand Max muatan minyak ilegal mengalami kecelakaan lalu lintas hingga menabrak rumah warga.

5 rumah warga tersebut milik, Indra, Hengki, Ahmad, Sungai, dan Herman, saat ini tim pemadam kebakaran dari Damkar Sat Pol PP dan BPBD Muba tengah melakukan pemadaman.

Berdasarkan informasi didapatkan di lapangan, terjadinya kebakaran 5 rumah tersebut bermula diduga dari Mobil Daihatsu Grand Max, saat melintas di lokasi mobil tersebut menimbulkan percikan api.

Sang supir melihat mobilnya terbakar, lalu panik dan melompat keluar dari mobil.

Namun naas nya mobil yang tengah berjalan tiba tiba ditinggalkan supir itu menabrak rumah warga.

Kontan saja kobaran api yang berasal dari mobil tersebut menyambar ke rumah warga, dan merambat ke lima warga lainnya.

Camat Kecamatan Batanghari Leko, Yuliarto SSTP, saat dihubungi tadi malam, membenarkan adanya peristiwa tersebut, namun saat ini di lokasi kebakaran sudah ada lima unit mobil Damkar Sat Pol PP dan BPBD Muba.

"Kita belum tahu persis kejadiannya seperti apa, dan oleh apa. Namun yang jelas ada 5 unit rumah milik warga yang hangus terbakar," katanya.

BACA JUGA:Kembali Terjadi Mobil Pengangkut Minyak Ilegal Bakar 5 Rumah Warga di Musi Banyuasin

Dalam kejadiannya tersebut beruntung tidak ada korban jiwa.

“Saat ini kita tengah melakukan pendataan,” ungkapnya.

Terpisah Kades Talang Leban, M Dapik Kosim, saat dihubungi, membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang sempat membuat heboh warga.

“Informasi awal ada 5 rumah warga terbakar, penyebab dugaannya ada mobil grand max melintas muatan minyak ilegal, lalu tiba tiba dari mobil muncul api, supir panik dan melompat kemudian mobil menabrak rumah warga,”katanya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: