Honda

Kenapa Orang Kaya Bisa Dapat Bansos, Ini Penjelasannya

 Kenapa Orang Kaya Bisa Dapat Bansos, Ini Penjelasannya

Ilustrasi-dok.palpres.com-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM – Bantuan yang digulirkan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial semakin gencar dilakuan. 

Hal ini dikarenakan bagian dari peran aktif negara untuk mengatasi kemiskinan yang terjadi akibat inflasi dan dampak dari wabah Corona, yang memaksa beberapa perusahaan mengurangi jumlah karyawannya secara massal. 

Bansos yang tadinya sebagai stimulus yang diberikan pemerintah sebagai wujud kepedulian negara terhadap masyarakatnya, harusnya memang menyasar kepada mereka yang benar layak membutuhkan. 

Akan tetapi dalam perjalananya, tidak sedikit kita temui orang miskin (pra sejahtera) yang belum merasakan manfaat dari banyaknya bansos tersebut. 

BACA JUGA:HORE! Bansos Ini Cair Lagi Akhir Tahun 2022, Besarannya Rp450 Ribu Per KPM, Cek Syarat Pengambilannya

BACA JUGA: Daftar 10 Jalan Tol Siap Beroperasi Jelang Libur Nataru 2023

Justru sebaliknya, fakta dilapangan ada juga orang yang sudah berkecukupan mestinya tidak mendapatkan bansos, malah dapat. 

Ditengah beragamnya jenis bantuan sosial yang ada, ternyata bantuan regular yang telah lama berjalanpun pada implementasinya sering tidak tepat sasaran.

Lalu kenapa hal ini bisa terjadi, berikut penjelasan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Kurang update Data DTKS oleh Pemerintah Daerah

Seperti diketahui sejak April 2021 Kementerian telah mengambil kebijakan untuk menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sebagai acuan dalam pemberian bantuan sosial. 

BACA JUGA: Bantuan BPNT dan PKH Kamu Tak Cair Lagi, Ini Penyebabnya!

BACA JUGA:Info Lubuk Linggau Sumsel Diguncang Gempa 17 Desember 2022, Warga: Tidak Ada Gempa

DTKS yang dikelola oleh Pusat Data Kemensos ini dijadikan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelengaraan kesejahteraan sosial. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com