Honda

Catat, 35 SPBG yang Akan Menjual CNG di Indonesia

Catat, 35 SPBG yang Akan Menjual CNG di Indonesia

Catat, 35 SPBG yang akan menjual CNG di Indonesia -radar kaur-

JAKARTA,PALPRES.COM- Perusahaan Gas Negara (PGN) tengah mempersiapkan realisasi pemanfaatan bahan bakar kendaraan jenis baru CNG di Indonesia. 

Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto menyampaikan, pihaknya akan mengoptimalkan pemanfaatan SPBG yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Haryo mengatakan, saat ini ada 35 SPBG yang akan direaktivasi secara bertahap. 

“Saat ini, sudah tiga unit di Semarang (Jawa Tengah) yang telah direvitalisasi,"kata M Haryo Yunianto.

BACA JUGA:Hore! Harga BBM Non Subsidi Bakal Turun, Ini Penjelasan Pertamina

Bagi masyarakat yang masih awam terkait penggunaan bahan bakar CNG ini, Haryo menyampaikan sejumlah informasi penting terkait penggunaan CNG pada kendaraan. 

CNG akan disimpan dalam bentuk berupa tabung dengan ukuran 14x53 cm. Ukuran ini memungkinkan penempatan yang aman di sebelah kiri dan kanan kolom kemudi, tanpa mengurangi kenyamanan berkendara

Tabung ini bisa disimpan di bagian kemudi mobil, kapal nelayan, atau bahkan motor.

Tabung berbahan baja dan berstandar keselamatan tinggi memiliki kapasitas 2,5 liter setara premium (lsp) dapat mendukung daya jelajah hingga 100 km dalam sekali pengisian penuh.

BACA JUGA:KABAR BAIK, Kendaraan yang Ingin Beralih ke CNG Tak Perlu Ganti Mesin, Hanya Perlu Ini

"Komposisi utama CNG untuk sepeda motor adalah metana yang bersih dan beroktan tinggi, sehingga mampu memberikan manfaat performa mesin yang baik dan gas buang yang ramah lingkungan,"terang Haryo.

Dalam pengaplikasian CNG juga tidak perlu melakukan perubahan yang signifikan terhadap sistem bahan bakar pada kendaraan.

Saat ini , program BBG ini juga telah digunakan oleh kendaraan angkutan umum seperti pada Bus Trans Semarang. 

Ke depan, pemerintah akan menghadirkan CNG untuk bahan bakar kendaraan roda dua dan roda empat yakni motor dan mobil pribadi dan juga pada kapal nelayan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: