Honda

Mengenal Asal Usul Suku Semende, Salah Satu Suku Bangsa di Sumatera Selatan

Mengenal Asal Usul Suku Semende, Salah Satu Suku Bangsa di Sumatera Selatan

Mengenal Asal Usul Suku Semende Salah Satu Suku Bangsa di Sumatera Selatan--FB/Pesona Sriwijaya

PALEMBANG, PALPRES.COM – Sumatera Selatan menjadi salah satu Provinsi yang kaya akan keberagaman budaya, bahasa dan suku yang tersebar di Bumi Sriwijaya dan menjadi ciri khas daerah tersebut.

Salah satunya Suku Semende atau Semendo bagain dari suku bangsa di Sumatera Selatan.

Suku ini memiliki dua sub suku atau bisa juga disebut marga/klan/kaum yaitu Semende Darat dan Semende Lembak.

Suku Semende Darat bertempat tinggal di Pulau Panggung, dan Muara Enim sedangkan Semende Lembak tinggal di Kecamatan Pulau Beringin, Sungai Are, Sindang Danau, dan kecamatan Mekakau Ilir di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Mereka juga tinggal di Kecamatan Semendo Darat Laut, Semendo Darat Tengah, Semendo Darat Ulu dan sebagian lainnya berada di Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

BACA JUGA:Mengenal Suku Asli Sumatera Selatan Berdasarkan Daerahnya, Mulai Palembang, Komering Hingga Pesemah

Menurut sejarahnya, suku Semendo berasal dari keturunan suku Banten yang pada beberapa abad silam pergi merantau dari Jawa ke pulau Sumatera, dan kemudian menetap dan beranak cucu di daerah Semendo.

Berada di tengah kawasan Bukit Barisan, Semende ini menjadi salah satu daerah dataran tinggi yang menyimpan pesona alam memikat di Sumsel. Eksotisme alam Semende ini umumnya dihiasi dengan hamparan sawah yang berjenjang dan jalanannya yang berkelok menyusuri tebing bukit.

Hampir 100 persem penduduk Semendo hidup dari hasil pertanian, yang masih diolah dengan cara tradisional.

Lahan pertanian di daerah ini cukup subur, karena berada kurang lebih 900 meter di atas permukaan laut. Ada dua komoditi utama dari daerah ini: kopi jenis robusta dengan jumlah produksi mencapai 300 ton per tahunnya, dan padi, dimana daerah ini termasuk salah satu lumbung padi untuk daerah Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Mengenal 12 Suku Melayu di Sumatera Selatan yang Wajib Diketahui

Adat istiadat serta kebudayaan daerah ini sangat dipengaruhi oleh nafas keIslaman yang sangat kuat.

Mulai dari musik rebana, lagu-lagu daerah dan tari-tarian sangat dipengaruhi oleh budaya melayu Islam. Bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari adalah bahasa Semendo. Setiap kata pada setiap bahasa ini umumnya berakhiran "e."

Jika kita ingin menelisik sejarah suku semende ini, maka akan kita dapatkan minimal empat rangkaian pembicaraan atau pembahasan yakni Jeme Semende itu sendiri, Tanah Semende, Bahasa Semende, Adat Semende.

Kali ini, kita akan membahas Jeme Semende atau orang Semende yang dikutip palpres.com dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: