Honda

Peluang Datangkan Cuan Ala Warga Desa Lubuk Mabar, Wajib Dicontoh

Peluang Datangkan Cuan Ala Warga Desa Lubuk Mabar, Wajib Dicontoh

PILAH SAMPAH : Petugas sedang memilah sampah rumah tangga, di Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu untuk dikelola di bank sampah, Kamis 29 Desember 2022. Cari Tahu, Peluang Datangkan Cuan dari Sisa Sampah Warga Lubuk Mabar-Bernat Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM– Kreatifitas Pemerintah Desa Lubk Mabar, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat dalam memandirikan warga emang patut diapresiasi.

Sebab, program andalan untuk tahun 2023 mendatang telah dijalankan diantaranya pemilahan sisa sampah rumah tangga, yang akan masuk pada bank sampah untuk dikelola sehingga menciptakan peluang usaha mendatangkan cuan.

"Untuk tempat pengelolaan sampah organik dan anorganik sudah disiapkan, dan petugas kebersihan pagi-pagi telah mengangkut sampah untuk dipilih-pilih, mana yang bisa dimanfaatkan langsung atau butuh sentuhan tangan," jelas Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Kamis 29 Desember 2022.

Yeni Fitriana menerangkan, di Desa Lubuk Mabar sendiri, banyak sekali limbah rumah tangga yang bisa dimanfaatkan, seperti plastik, sampah deterjen maupun sisa makanan, kalau diolah mampu mendatangkan keuntungan.

BACA JUGA:Raup Cuan hingga Puluhan Juta dari Bisnis Lidi, Tertarik?

"Untuk di bank sampah sendiri, kita berdayakan ibu-ibu guna memilih limbah dimaksud, sehingga dapat dipisahkan kemudian dijual langsung kepada penadah barang bekas," paparnya.

Disamping itu, masih kata dia, barang seperti sisa bungkus deterjen, sachet kopi dan lain sebagainya nantinya bisa disulap menjadi tas, keranjang buat belanja, pembungkus vas bunga dan masih banyak lagi homemade (kerajinan tangan, red).

"Disinilah peran penting kita sebagai Pemdes untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi membuka peluang yang sangat baik, sehingga banyak sedikitnya bisa memberikan pendapatan tambahan bagi keluarga," jelas Yeni Fitriana.

Yeni Fitriana berharap, tidak hanya program kerja ini saja, melainkan akan muncul ide-ide brilian yang mampu memberikan kontribusi positif kepada kepentingan masyarakat, agar mereka pun memiliki kemampuan serta pekerjaan sampingan.

BACA JUGA:Tanaman Hias Ini Bisa Datangkan Rezeki dan Cuan, Apa Saja

"Kami mendukung sekali, tidak sekedar dari segi pemasukan semata, akan tetapi, lingkungan desa pun bersih, sehat, rapi dan indah. Terpenting sisa sampah dapat berkurang dan tidak ada tumpukan menggunung serta bau tak sedap tercium," tutupnya.

Terpisah, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, pihaknya sangat bangga dengan Pemdes Lubuk Mabar, sebab, apabila ditempat lain sampah dibuang begitu saja atau dibakar, tapi ini malah dikelola dan dimanfaatkan untuk menjadi suatu bisnis menguntungkan.

BACA JUGA:Budidaya Jamur Tiram Ala PKK Desa Banjarsari, Bisa Hasilkan Cuan Berlimpah

"Sangat baik sekali, hal inilah yang memang harus dilakukan, berani berinisiatif melakukan hal yang baru, inovasi membantu kebutuhan masyarakat. Dengan adanya bank sampah semakin mempermudah penduduk menambah pendapatan keluarga," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: