Honda

Benarkah Setelah Adzan Pertama, Wanita bisa Shalat Dzuhur di Hari Jumat?

Benarkah Setelah Adzan Pertama, Wanita bisa Shalat Dzuhur di Hari Jumat?

Suasana Sholat berjamaah di Masjid Nur Halim Pedamaran-Sigit Nugraha-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Wanita bisa melaksanakan shalat dzuhur setelah adzan pertama, apakah itu benar? sebagian orang masih berpikiran bahwasannya shalat dzuhur di hari jumat bagi wanita dilaksanakan ketika jamaah shalat jumat pulang dari masjid.

Apabila dikerjakan sebelum shalat jumat selesai maka shalat tersebut di anggap tidak sah, namun ada juga yang berpendapat kalau shalat dzuhur bagi wanita di hari jumat sama seperti saat hari-hari biasa dan tidak perlu menunggu sampai shalat jumat selesai.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya shalat jumat adalah salah satu shalat yang wajib  dikerjakan oleh kau laki-laki.

Hukum shalat jumat yakni fardu ain bagi kaum adam atau kaum laki-laki. Dan shalat sunnah bagi kaum perempuan, untuk perempuan yang melaksanakan shalat sunnah jumat tentu saja masih harus melaksanakan shalat dzuhur.

BACA JUGA:Kata Ustad Adi Hidayat Baca Doa Ini Sebelum Salam, Insya Allah Terbebas dari Belenggu Kejamnya Dunia

Meskipun wanita yang melaksanakan shalat dzuhur jarang sekali terlihat, jarang bukan berarti tidak ada sama sekali ya guys.

Karena masih banyak orang-orang yang memiliki pendapat mengenai shalat dzuhur di hari jumat yang dikerjakan oleh kaum perempuan setelah jamaah pulang dari masjid atau setelah shalat jumat selesai berikut kita beri penjelasannya ya, silahkan disimak.

Dilansir dari islampos.com berikut waktu untuk mengerjakan shalat dzuhur di hari jumat bagi kaum wanita.

Berdasarkan firman Allah yang terdapat di dalam surah An-Nisa ayat 103 yang artinya: Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu) ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu uduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktnya atas orang-orang yang beriman.

BACA JUGA:Kata Ustadz Abdul Somad, Lakukan 3 Amalan Ini, Hidupmu Bakal Mudah dan Berlimpah Rezeki

Berdasarkan ayat diatas yang menjelaskan tentang kewajiban shalat yang telah ditentukan waktunya.

Begitupun dengan shalat dzuhur, waktu untuk mengerjakan shalat dzuhur pun sudah ditentukan yaitu sejak awal matahari tergelincir ke arah barat hingga bayangan benda sama tingginya dengan benda aslinya.

Berikut hadits yang menjelaskan mengenai waktu shalat dzuhur.

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Waktu zuhur, sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dengan tingginya, sebelum masuk waktu asar.” (HR. Muslim no. 612).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: