Honda

Pele Sang Raja Sepakbola Telah Pergi Untuk Selamanya, Brasil Berkabung

Pele Sang Raja Sepakbola Telah Pergi Untuk Selamanya, Brasil Berkabung

Legenda sepakbola Brasil, Pele, menjadi satu-satunya pesepakbola di dunia ini yang meraih tiga trofi Piala Dunia. Sang raja sepakbola itu telah pergi untuk selama-lamanya. -disway.id-

BACA JUGA: Saldo DANA Cair Rp100.000, Cukup Registrasi Nomer HP Mu

Namun ternyata, ia tak pernah benar-benar pulih dan sekarang sang raja akhirnya pergi untuk selamanya.

Pele merupakan salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepakbola dunia.

Bersama timnas Brasil, ia berhasil memenangkan tiga trofi Piala Dunia: 1958, 1962, dan 1970.

Sebuah capaian yang hingga kini belum bisa disamai pesepakbola manapun di dunia ini. 

Pele memenangkan 10 gelar negara bagian dan enam gelar liga, dua Piala Libertadores dan masuk dalam Guinness Book of Records karena mencetak 1.279 gol dalam 1.363 pertandingan.

Pele mencetak gol di final Piala Dunia 1958 dan 1970.

 

Brasil Berkabung 3 Hari

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengumumkan tiga hari masa berkabung nasional sebagai tanda duka cita atas kematian Pele.

"Masa berkabung resmi diumumkan di seluruh negeri, untuk jangka waktu tiga hari, terhitung sejak tanggal diterbitkannya Surat Keputusan ini, sebagai tanda duka cita atas meninggalnya Edson Arantes do Nascimento, Pele, mantan pemain sepak bola," menurut sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Jair Bolsonaro, dilansir Anadolu Agency, Jumat 30 Desember 2022.

Kematian Pele menggerakkan warga Brasil untuk memberikan penghormatan terakhir kepada ikon permainan indah itu.

Bolsonaro menulis di Twitter bahwa Pele "melalui sepak bola, membawa nama Brasil ke dunia. Dia mengubah sepak bola menjadi seni dan kegembiraan. Semoga Tuhan menghibur keluarga Anda dan menyambut Anda dalam rahmat-Nya yang tak terbatas."

Sementara, Presiden terpilih Luiz Inacio Lula da Silva menggambarkan dirinya sebagai salah satu orang Brasil yang memiliki hak istimewa yang dapat menyaksikan "pertunjukan" yang dilakukan Pele.

"Saat mendapatkan bola, dia selalu melakukan sesuatu yang istimewa, yang seringkali berakhir dengan gol," tulis Lula di Twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: