Honda

Olahan Ikan Betutu, Langkah Pemkab Ogan Ilir Bantu Cerdaskan Anak Hingga Cegah Stunting

Olahan Ikan Betutu, Langkah Pemkab Ogan Ilir Bantu Cerdaskan Anak Hingga Cegah Stunting

Olahan Ikan Betutu di Kabupaten Ogan Ilir Dijadikan Abon.-Widjan Palpres.com-

OGAN ILIR, PALPRES.COM- Berbagai inovasi dilakukan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap olahan ikan di Kabupaten Ogan Ilir.

Seperti dibawa binaan Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir, dengan membuat mulai dari membuat pempek, kemplang, kerupuk, dan bahkan Abon. 

Seperti dilakukan pelaku UMKM di Desa Meranjat, Kecamatan Indralaya Selatan membuat Abon dengan menggunakan bahan baku ikan lele.

Seiring berjalan, pelaku usaha ini mencoba membuat Abon dari ikan langkah atau sangat sulit didapatkan di Kabupaten Ogan Ilir,dan bahkan sulit ditemukan di Provinsi Sumsel, yakni ikan betutu.

BACA JUGA:Olahan Telur dan Tahu Disulap Jadi Sajian Lezat dan Gurih, Begini Cara Membuatnya

Ciri-ciri morfologi ikan betutu sebagai berikut, bentuk badan memanjang, bagian depan silindris dan bagian belakang pipih. 

Kepala rendah, mata besar yang dapat bergerak dan mulut lebar. Sisik sangat kecil-kecil, halus dan lembut sehingga tampak hampir tidak bersisik.

Menurut Rika, pengelola abon Ikan Betutu asal Dusun 5 Desa Meranjat II Kecamatan Indralaya Selatan, abon Ikan Betutu diproses dari Ikan Betutu air tawar di Kabupaten Ogan Ilir.

"Ikan Betutu ini sangat baik dikonsumsi oleh semua dari anak-anak, dewasa ataupun orang tua," tutur Rika ditemui Palpres.com di Stan Ogan Ilir Exspo Dinas Perikanan.

BACA JUGA:Olahan Kulit Roti Tawar Disulap Jadi Roti Kukus Lezat, Mari Kita Coba

Dikatakannya, bahwa abon Ikan Betutu ini bisa dijadikan cemilan yang sangat cocok untuk ibu-ibu yang habis melahirkan. Karena, Ikan Betutu ini mengandung banyak Albumin yang dapat membantu proses penyembuhan.

Khusus untuk anak-anak, abon Ikan Betutu ini bisa membantu kecerdasan. Karena, kandungan Albumin yang kaya pada Ikan Betutu tersebut.

"Ikan ini diproses menggunakan bumbu-bumbu pilihan, sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat sempurna," paparnya.

Selain menjadi cemilan, Rika mengatakan, abon Ikan Betutu ini juga bisa dijadikan lauk makan. Rasanya yang khas, dapat menambah nafsu makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: