Honda

7 Peristiwa Akibat Sumur Minyak Ilegal di Musi Banyuasin Sepanjang Tahun 2022, Nomor 4 Sempat Viral di Medsos

7 Peristiwa Akibat Sumur Minyak Ilegal di Musi Banyuasin Sepanjang Tahun 2022, Nomor 4 Sempat Viral di Medsos

Sumur Minyak Ilegal Terbakar (Lokasi Bukan di Kabupaten Musi Banyuasin)-NET-

MUBA,PALPRES.COM- Berdasarkan data yang diperoleh dari berbagai sumber, sepanjang tahun 2022, akibat aktifitas sumur Minyak Ilegal di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berjumlah 7 kejadian yang merugikan masyarakat hingga menimbulkan korban.

Berikut ini, Palpres.com merangkum kejadian akibat sumur minyak Ilegal di Bumi Serasan Sekate dari Januari hingga Desember Tahun 2022.

1. Pada awal Febuari Tahun 2022, Sumur Minyak Ilegal meledak yang berada di Dusun V Desa Keban 1, Kecamatan Sanga Desa.

Padahal pada saat itu, Pemkab Musi Banyuasin bersama Forkopimda dibantu pihak Pertamina sedang melakukan pemadaman 3 sumur dilokasi yang tidak jauh meledak pada Oktober 2021.

2. Mobil pengangkut minyak ilegal terbalik dan membakar 4 rumah di Desa Ulak Teberau, Kecamatan Lawang Wetan pada Rabu 29 Juni 2022 siang.

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal Meledak, Pemilik Langsung Diamankan Satreskrim Polres Musi Banyuasin

Dimana kejadian itu, bermula mobil jenis pickup mengangkut minyak mentah dari Kecamatan Batang Harileko melintasi Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sekayu-Babat Toman, tepat di Desa Ulak Teberau, sang sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya dan terbalik.

Akibatnya, minyak ilegal itu pun tumpah ke jalan hingga mengalir ke bagian sekitar rumah warga yang ada dipinggirnya. 

Pada saat kejadian itu juga, mobil terbalik menimbulkan percikan api sehingga dengan mudahnya api membesar dan membakar 4 rumah warga, beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Dampak kejadian itu, Polda Sumatera Selatan langsung menertibak aktifitas ilegal itu yang mana.

3. Polda Sumsel meng mengidentifikasi ada 7.734 sumur minyak ilegal yang ditemukan di daerah Musi Banyuasin.

Sumur minyak ilegal itu tersebar di sejumlah wilayah, diantaranya Kecamatan Babat Toman, Sanga Desa, Keluang dan Batang Hari Leko.

BACA JUGA:Kembali, Sumur Minyak Ilegal Meledak di Keluang, Api Berkobar Besar

Bahkan, diperkirakan jumlah sumur minyak ilegal saat ini terus bertambah lantaran aktivitas pengeboran sumur minyak yang dilakukan dengan cara tradisional masih terjadi saat ini. 

4. Viralnya video minyak Meluing di Kecamatan Keluang terjadi pada Kamis 15 September 2022 di media sosial.

Dalam video itu, memperlihatkan semburan derasnya air bercampur minyak keluar dari lubangan bor masyarakat secara ilegal. Kondisi itu, dimanfaatkan warga sekitar mengambil minyak yang meluber hingga kemana-mana.

Bahkan akibat kejadian itu, Pemkab bersama Forkopimda Musi Banyuasin mengambil langkah tegas dengan menutup lokasi sumur minyak dilokasi tersebut serta melarang warga mengambil guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Pemilik Gudang Minyak Ilegal Ditetapkan Tersangka, Ditahan di Polres Ogan Ilir

5. Di Kecamatan yang sama, pada bulan berikutnya, Sabtu 16 Oktober 2022, sebanyak 12 sumur ilegal tebakar secara bersamaan di Desa Tanjung Dalam.

Peristiwa mengerikan itu membuat panik para pekerja di lokasi kejadian dan warga sekitar karena api membumbung tinggi ke udara dari belasan sumur yang terbakar. 

Dari hasil pemeriksaan, kebakaran disebabkan seorang pekerja lalai karena merokok di area tambang ilegal. Dalam peristiwa itu, satu orang mengalami luka bakar dan di rawat di RSUD Sekayu.

6. Sepertinya aktivitas pengeboran sumur minyak ilegal di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang semakin marak setelah pada bulan Oktober 12 sumur terbakar.

Namun disayangkan, pada aktivitas tersebut pada November 2022 , minyak mentah yang banyak hingga mencemari Sungai Parung dan Sungai Dawas mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistem di sungai terganggung sehingga ikan pada mati.

BACA JUGA:Pemilik Gudang Minyak Ilegal di OI Serahkan Diri

7. Selanjutnya, pada Kamis 15 Desember 2022 membuat heboh warga Desa Talang Leban, Kecamatan Batang Harileko.

Sebab sebuah mobil pengangkut minyak mentah sekitar pukul 19.30 WIB terbakar dan mengakibatkan 5 rumah warga hangus dilalap si jago merah, beruntung dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: