Honda

Yuk Intip, Unit Usaha BUMDes Gerbang Sabar Lubuk Mabar

Yuk Intip, Unit Usaha BUMDes Gerbang Sabar Lubuk Mabar

Kades Lubuk Mabar, Yeni Fitriana sedang berada di perlengkapan prasmanan sekaligus pecah telur, karena perdana disewakan, Senin 9 Januari 2023.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu usaha atau bisnis yang dikembangkan untuk membantu dalam pendapatan sekaligus memberikan kontribusi terhadap masyarakat.

Nah, Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Pseksu kini telah dibentuk BUMDes Gerbang Sabar salah satu unit usaha yakni prasmanan yang perdana disewa pada saat acara kunjungan kerja (Kunker) Bupati Lahat, Cik Ujang SH ke Desa Lubuk Lungkang dan Padang Bindu, Kecamatan Kikim Selatan.

Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana mengatakan, ada beberapa unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes diantaranya, perlengkapan prasmanan, galian golongan C, bank sampah, dan budidaya ikan lele.

“Unit-unit yang disebutkan diatas tersebut sangat membantu sekali, dalam hal pendapatan desa sehingga advantage (keuntungan, red) bisa membantu perkembangan desa,” sebutnya, Selasa 10 Januari 2023.

BACA JUGA:Kamu Harus Tau! 5 Wisata yang Wajib Dikunjungi Jika Berada di Lahat

Salah satunya, sambung dia, unit prasmanan yang lengkap dengan kain tabir, sarung kursi, pondokan, meja bundar, tempat minuman dan lain sebagainya.

“Kekurangannya akan dianggarkan pada tahun 2023 ini, sehingga ketika ada kegiatan hajatan pernikahan atau lainnya, semuanya telah lengkap,” papar Yeni Fitriana.

Yeni Fitriana menerangkan, tentunya dengan adanya BUMDes Gerbang Sabar ini, dapat dipastikan dapat membantu masyarakat sehingga mereka memiliki penghasilan cukup.

"Saya selaku kades terus memantau dan mengarahkan kepada pengurus BUMDes, supaya menjalankan dengan sebaik mungkin, jangan mengejar keuntungan besar tapi hasilnya sedikit," sebutnya.

BACA JUGA:Ini Luasan Lahan Perkantoran Baru Pemkab Lahat

Ia berharap, apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Mabar, mampu memberikan pelayanan kepada penduduk, agar dapat menjadi pilot project (percontohan, red).

“Disinilah kita terus menerus bergerak dan berbuat secara optimal, pungkas Yeni Fitriana.

Sementara itu, Ketua BUMDes Gerbang Sabar, Nurul Anwar mengemukakan, dirinya bersama anggota lainnya, terus melakukan koordinasi maupun komunitas dengan Pemerintah Desa (Pemdes).

"Hal ini berkaitan dengan jenis unit usaha yang ada, agar hasil yang diperoleh dinikmati juga oleh warga," ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com