Honda

Usulan Pembangunan dari Tingkat Kelurahan Bisa Lewat Musrenbang, Begini Tahapannya

 Usulan Pembangunan dari Tingkat Kelurahan Bisa Lewat Musrenbang, Begini Tahapannya

Wako Pagaralam saat menghadiri Musrenbang tingkat Kelurahan Nendagung-Eko Palpres.com-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Usulan pembangunan berupa kebutuhan sarana dan prasarana bagi kepentingan masyarakat banyak bisa diusulkan dari tingkat Kelurahan.

Musrenbang merupakan salah satu proses perencanaan pembangunan, yang memiliki peran penting dalam rangka melaksanakan pembangunan baik pada tingkat nasional, provinsi maupun daerah.

Hal ini disampaikan Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni, pada sambutannya saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan, di Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagar Alam Selatan.

Menurut Alpian, pembangunan itu merupakan sebuah proses bagaimana untuk menjadi lebih baik. Dalam pelaksanaannya, tentu ada beberapa tahapan yang harus dijalani, salah satunya melalui Musrenbang.

BACA JUGA:Yuk Simak, 2 Item ini Bisa Dukung Kebangkitan Pariwisata Kota Pagaralam

“Pentingnya musrenbang itu adalah dari sana segala usulan warga dapat diketahui. Sehingga saya berusaha untuk dapat hadir langsung, guna menampung aspirasi masyarakat melalui RT/RW,” ungkapnya.

Alpian berharap, dengan semangat Musrenbang ini semoga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Kota Pagar Alam yang maju. 

Wako juga mengungkapkan Pembangunan pada dasarnya adalah sebuah proses perubahan dari berbagai aspek kehidupan menuju kondisi yang lebih baik, 

Selain itu, kata Wako, tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), bahwa harus ada pendekatan dan keterpaduan antara aspek politik, teknokratis, dan partisipatif dalam proses perencanaan pembangunan nasional maupun daerah.

BACA JUGA:Daftar Tunggu Haji di Pagaralam Capai 22 Tahun

"Melalui Musrenbang ini kita harapkan peran serta partisipasi seluruh pemangku kepentingan, mulai dari seluruh Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan, Serta RW/RT harus dapat bersinergi guna menjaring usulan dalam kebutuhan masyarakat," ujar Wako.

Wako menambahkan agar pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan dapat berjalan dengan lancar, serta dapat mencapai maksud dan tujuan yang kita harapkan bersama, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Kota Pagaralam yang lebih maju 

Alpian berharap, kepada RT dan RW agar jangan bosan untuk mengikuti musrenbang.

"Karena kalau tidak melalui musrembang, apa yang kita inginkan tidak akan pernah terwujud, jadi kalau tahun sekarang belum terpenuhi, insyaallah tahun berikutnya akan dapat terpenuhi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: