Honda

Ayo Intip Harga Ikan Asap Segarurung Khas Kabupaten Pali

Ayo Intip Harga Ikan Asap Segarurung Khas Kabupaten Pali

Salah Satu Pedagang Ikan Segarurung Makanan Khas Kabupaten PALI.-Berry Sandi Palpres.com-

PALI,PALPRES.COM-  Kabupaten Penukal Adab Lematang Ilir (PALI) merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Ternyata, di Kabupaten baru menginjak usia 10 tahun ini memiliki kuliner olahan dari ikan yang enak serta menggugah selera bila mencicipinya.

Olahan itu bernama Segarurung, ikan asap khas warga Kabupaten Pali kini selalu dijadikan oleh-oleh bagi pendatang ketika berkunjung ke Bumi Serepan Serasan.

Makanan segarurung sendiri berbahan ikan yang diasapkan atau dikeringkan oleh masyarakat setempat. Biasanya ikan itu dipanggang menggunakan kayu bakar dengan bumbu khas itu hampir setiap hari ludes terjual yang dijajakan pedagang, baik yang mangkal maupun berkeliling di setiap pasar kalangan. 

BACA JUGA:Giliran Pemilik Kartu KIS Bisa Dapat Bansos BPNT Rp2.400.000, Cek di Link Ini!

Para pembeli beralasan memburu ikan Segarurung, karena disamping rasanya lezat serta praktis juga harganya bersahabat. 

Apalagi saat ini, dimana sebagian petani karet di Kabupaten PALI mengeluh perekonomiannya yang anjlok imbas dari harga getah karet yang tak kunjung membaik. 

"Ikan Segururung jadi pilihan mskanan enak tapi murah. Kami beli olahan ikan itu setiap digelarnya pasar kalangan mingguan di desa kami," ucap Pinarsih, salah satu warga Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Selasa 17 Januari 2023.

Dia mengungkapkan, harga ikan Segururung siap saji dikisaran Rp5.000 hingga Rp15.000 per ekor. 

BACA JUGA:GERCEP! Pemegang Kartu KIS Segera Login cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima Bansos Januari 2023

"Banyak pilihan ikan, ada patin dan nila serta ada pepes isi perut ikan yang harganya jauh lebih murah," ungkapnya. 

Sementara, pedagang ikan Segururung, Icha menerangkan, dengan kondisi seperti itu menjadi berkah tersendiri bagi dirinya serta keluarga. 

"Saya berjualan berkeliling di setiap pasar kalangan yang terjangkau. Setiap hari tak kurang dari 20 ekor ikan patin dan nila habis juga ada panggang ayam juga dengan harga tidak terlalu mahal yang penting dapat untung sedikit tapi lancar," katanya. 

Terpisah, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, araden Abdurrohman menyambut baik berkembangnya usaha olahan ikan Segururung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: