Honda

Pemkab Muratara Ajak Warga Budidaya Ikan Gabus, Apa Saja Ya Keuntungannya

Pemkab Muratara Ajak Warga Budidaya Ikan Gabus, Apa Saja Ya Keuntungannya

Sekda Kabupaten Muratara, Drs Elvandari -Hengki Palpres.com-

MURATARA,PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara, Sumatera Selatan mendorong warga untuk melakukan budidaya ikan gabus atau Channa Striata di kolam terpal.

Karena, budidaya ikan gabus sendiri memiliki manfaat yang banyak salah satunya bisa menambah pendapatan masyarakat.

Ajakan itu sendiri disampaikan Sekda Kabupaten Muratara, Drs Elvandari belum lama ini.

“Sektor perikanan mempunyai peluang besar, untuk dijadikan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat. Dengan catatan, harus dikelola dengan baik,” ungkap Elvandari.

BACA JUGA:97 Juta Pemilik KIS dengan KK Berciri Ini Dapat Bansos Rp600.000, Simak Cara Daftarnya Disini!

Selama ini, sudah banyak masyarakat yang mencoba membaca peluang besar di sektor perikanan itu. Namun, lantaran kurang fokus dan belum dikelola dengan baik tetapi usaha tersebut tidak berhasil.

Dia juga menambahkan, pengembangan ikan gabus untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, karena budidaya ikan bisa dilakukan di halaman rumah menggunakan terpal. 

Selain itu permintaan ikan gabus cukup banyak dengan harga Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram, sementara budidaya ikan gabus masih sedikit di Sumbar.

Ikan gabus kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka.

BACA JUGA:Penghapusan STNK Mulai Berlaku Tahun ini, Pemda Diminta Setop Pemutihan Pajak Kendaraan

Ikan gabus memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0 persen, ikan mas 16,0 persen, ikan kakap 20,0 persen dan ikan sarden sebesar 21,1 persen.

Sedangkan manfaat ikan gabus untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, mempercepat penyembuhan luka, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan lainnya.

Sebelumnya, ada penebaran 30 ribu bibit ikan Lele ini, Pemda mengharapkan dapat membuka kesadaran masyarakat, bahwa sektor perikanan mempunyai peluang besar dan bernilai ekonomis.

"Bibit ikan lele yang sudah ditebar tersebut, dapat dijaga dan dirawat, hingga besar dan siap panen,"pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: