Honda

ASYIK! Bansos PKH Tahap 1 Cair Februari 2023 Ini, Cek Daftar Penerima Disini!

ASYIK! Bansos PKH Tahap 1 Cair Februari 2023 Ini, Cek Daftar Penerima Disini!

Ilustrasi-palpres.com-

JAKARTA, PALPRES.COM - Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program unggulan di Kementerian Sosial Republik Indonesia yang berada dibawah Direktorat Jamin Sosial

Program yang telah berjalan lebih dari 15 tahun ini, merupakan program pemberian bantuan bersyarat kepada lebih kurang 10 juta penerima manfaat yang sering disebut KPM

PKH telah terbukti efektif berhasil mengurangi angka kemisikinan di Indonesia. 

Berbeda dari bansos lainnya, program ini tidak hanya sekedar memberikan bantuan. tetapi juga pendampingan, dan pemberdayaan dengan istilah P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga) kepada keluarga yang telah ditetapkan sebagai penerima bansos regular tersebut. 

BACA JUGA:Wajib Tau! Pemilik Kartu KIS yang Namanya Ada Disini Bisa Dapat Bansos Rp750.000 Februari 2023

Dikatakan bersyarat, karena nantinya setiap penerima bantuan wajib rutin memeriksakan diri di fasilitas kesehatan dan pendidikan sesuai dengan komponen yang mereka miliki. 

PKH membuka jalan bagi keluarga miskin terutama ibu hamil, balita, lansia, penyandang disabilitas dan anak sekolah disemua jenjang untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. 

Nantinya, mereka yang telah ditetapkan sebagai penerima bantuan akan mendapatkan dana bantuan sesuai kategori dengan jumlah yang berbeda-beda, melalui kartu ATM yang merangkap kartu identitas peserta PKH yang dinamai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). 

Adapun jumlah komponen meliputi anak sekolah yang terdata di Dapodik (SD, SMP, SMA/ Sederajat), balita, ibu hamil, disabilitas, dan lansia.

BACA JUGA:97 Juta Pemilik KIS dengan KK Berciri Ini Dapat Bansos Rp600.000, Simak Cara Daftarnya Disini!

Dikutip dari instagram resmi @Kemensosri, sebetulnya berdasarkan juknis pencairan PKH tahap 1 akan dilaksanakan paling cepat akhir januari ini. Tahap 1 pada bulan April, Tahap 3 pada bulan Juli, dan terakhir tahap 4 pada bulan November. 

Akan tetapi beberapa waktu lalu, PLT Dirjen Linjamsos Rico Roben menjelaskan lewat akun youtube Linjamsosoke, bahwa penyaluran bantuan tahap 1 akan diperkirakan paling cepat Februari dan paling lambat Maret 2023.

Itu dikarenakan Kemensos akan fokus kepada survei  data terlebih dahulu pada minggu ke-3, dan ke-4 bulan ini. 

Kemudian, jika kamu ingin mengetahui apakah kamu terdaftar sebagai penerma bansos PKH Tahap 1 ini, bisa melalui layanan cek bansos. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: