Honda

Cocok untuk Ngabuburit, Ini 5 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang

Cocok untuk Ngabuburit, Ini 5 Destinasi Wisata Religi Terbaik di Palembang

Wisata Religi di Al-qur' an Al-akbar, salah satu wisata favorit di Palembang yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit-Foto : Alhadi Farid-Palpres. Com

Al quran yang dipahat pada lempengan kayu tembesu ini memiliki ukuran panjang 177 cm dan lebar 140 cm,  dengan ketebalan hingga 2,5 cm.

Al Quran yang terukir sebanyak 630 halaman lembar kayu ini bisa kamu jumpai di Pondok Pesantren IGM Al Ihsaniyah, Kecamatan Gandus di Jalan Pangeran Sido Ing Lautan Lrg Budiman, Kelurahan 36 Ilir, Palembang, tidak jauh dari Jembatan Musi II.

Untuk harga tiket masuk ke Al quran Al-akbar dewasa di patok harga Rp20 ribu dan untuk anak-anak cuma Rp15 ribu.

2. Masjid Agung Palembang

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Terindah di Sumatera Selatan, Nomor 5 Bikin Terkagum-kagum


Wisata religi selalu dikaitkan dengan tempat beribadah seperti masjid. Nah salah satu tempat religi yang wajib kamu kunjungi di kota Palembang yakni Masjid Agung yang ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah.

Untuk kamu mungkin tempat ini sudah tidak asing lagi karena letaknya yang strategis berada di pusat kota Palembang.

Masjid ini memiliki keuinikan serta ciri khas yang memadukan tiga kebudayaan yaitu Indonesia, Eropa dan juga China. Bentuk arsitektur Eropa  terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid  yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama yang atapnya  seperti kelenteng.

Masjid ini merupakan masjid peninggalan Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo pada abad ke 18, dan pernah terbakar pada saat perang antara Belanda dan masyarakat Palembang Darussalam pada tahun 1659 kemudian dibangun kembali oleh sultan pada tahun 1738.

BACA JUGA: Menelusuri Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam di Masjid Agung SMB I Jayo Wikramo

Masjid ini menempati kompleks seluas 15.400 meter persegi, di kawasan 19 Ilir, di mana merupakan salah satu Kampung Asli Melayu Palembang dan Arab yang telah lama didiami.

3. Kampung Arab Al Munawar

Kampung Arab Al Munawar merupakan objek wisata religi di Palembang yang kerap kali dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Destinasi wisata religi ini lebih hist dengan nama Kampung Al Munawar yang menyimpan sejarah sehingga sampai sekarang dilestarikan oleh pengelola.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Air Terjun Terpopuler di Lahat, Ada Bidadari Hingga Maung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: