Honda

Pria Lansia Loncat dari Jembatan Ampera, Begini Kondisinya Saat Ditemukan Satpolairud

Pria Lansia Loncat dari Jembatan Ampera, Begini Kondisinya Saat Ditemukan Satpolairud

Anggota Unit Gakkum bersama Kasubnit Binmas Air Satpolairud Polrestabes Palembang memberikan pertolongan kepada pria lansia yang diduga coba bunuh diri dari atas jembatan Ampera.-Istimewa-Palpres.com

BACA JUGA:Koin Jadul Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit Dihargai Rp100 Juta? Ini 5 Cara Jualnya

Kemudian menarik diri dari kontak sosial dan selalu ingin dibiarkan sendiri, memiliki suasana hati yang berubah-ubah, disibukkan dengan pikiran tentang kematian, merasa terjebak atau putus asa karena situasi yang sedang dihadapi.

Dilanjutkan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, pola makan dan tidur yang berubah. Melakukan hal-hal berisiko atau merugikan diri sendiri, membereskan urusan-urusan yang belum selesai secara tiba-tiba, mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang di sekitar, dan mengalami kecemasan dan kegelisahan akut.

Jika mendapati orang-orang di sekitar memperlihatkan beberapa tanda di atas, segeral lakukan langkah pencegahan. 

“Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan saat seseorang di sekitar terlihat tengah mempertimbangkan upaya bunuh diri,” ungkapnya.

BACA JUGA:Kabar Gembira, 96 Juta Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Terima Dana Bansos PKH Cair Februari 2023

Jangan sepelekan, hal ini tidak boleh menganggap sepele saat seseorang mengungkapkan keinginannya untuk bunuh diri. Ungkapan itu bisa menjadi cara mereka untuk mencari pertolongan.

Bisa saja menganggap bahwa masalah yang mereka hadapi masih terlalu sepele hingga sampai pada keinginan bunuh diri. 

Namun, perlu diingat bahwa cara setiap orang memandang masalah akan saling berbeda satu sama lain. Sebaiknya, dengarkan apa pun yang mereka rasakan tanpa memberi penilaian yang menghakimi.

Kemudian jadi pendengar yang baik, berbicara dengan teman atau orang terdekat bisa sangat membantu untuk melepaskan diri dari tekanan dan masalah yang mendorong upaya bunuh diri.

BACA JUGA:Ini Upaya Kapolda Sumsel Lindungi Warga dan Lingkungan dari Dampak Illegal Drilling

Cobalah menjadi pendengar yang baik bagi teman yang sedang menghadapi masalah. Hindari berdebat dan memberi komentar yang terasa meremehkan. Cukup dengarkan segala keluh kesahnya dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli.

Bertanya soal keinginan bunuh dirinya, jangan takut untuk membahas topik bunuh diri saat seseorang telah memperlihatkan tanda-tanda. 

Dengan cara itu, bisa memberikan mereka kesempatan untuk terbuka dan memungkinkan menerima pertolongan Anda.

Hal lainnya yakni memberikan saran untuk mencari pertolongan profesional, berbicara memang dapat meringankan beban yang dirasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com