Citra Land Palembang

Kabar Gembira, 96 Juta Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Terima Dana Bansos PKH Cair Februari 2023

Kabar Gembira, 96 Juta Pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan Terima Dana Bansos PKH Cair Februari 2023

Ilustrasi-palpres.com-

JAKARTA, PALPRES.COM – Pemegang kartu KIS BPJS Kesehatan akan segera mendapatkan dana bansos PKH 2023.

Tercatat, ada 96 juta pemegang Kartu KIS BPJS Kesehatan sudah ditetapkan di dalam DTKS sebagai syarat penerima dana bansos PKH.

Kabar gembira penetapan DTKS bagi pemegang kartu KIS BPJS Kesehatan sebagai penerima dana bansos PKH disampaikan langsung Mensos RI Tri Rismaharini.

Di dalam Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se Indonesia, Mensos Risma menjelaskan jumlah DTKS secara keseluruhan ada 117.702.168 penerima.

BACA JUGA:SPAN PTKIN 2023: Syarat, Cara Daftar, Jadwal Seleksi dan Cek Pengumuman

Siklus pendataan DTKS sendiri mengalami sejumlah perbaikan.

Dari siklus perbaikan DTKS baru ini, ada 19.615.874 usulan baru, sementara 4.460.898 jiwa lainnya dinyatakan tidak layak oleh daerah.

Selain itu, ada 33.851.038 data jiwa dilakukan perbaikan melalui siklus bulanan, verifikasi dan validasi daerah dan pemadanan Dukcapil.

Dari data ini, Kemensos selanjutkan melakukan penetapan DTKS sebanyak 117.702.168 dan di dalamnya ada data KIS PBI sebanyak 96.800.000 jiwa.

BACA JUGA:Rakerda BKPRMI Lubuk Linggau Fokus Bahas Pembinaan Kualitas Ustaz-Ustazah

Dari data DTKS inilah, Kemensos akan menyalurkan berbagai jenis dana bansos termasuk PKH 2023 kepada keluarga penerima manfaat.

Siklus DTKS ini merujuk pada transparansi publik, seperti data kemiskinan merupakan usulan dari RT, RW dan selanjutnya dilakukan pengesahan oleh pemerintah daerah.

Pengesahan sendiri berdasarkan verifikasi dan validasi berdasarkan data Dukcapil, BKN, AHU dan BPJS Tenaga Kerja.

Meski sudah dilakukan verifikasi dan validasi, pemerintah tetap akan menguji kualitas data dengan melibatkan perguruan tinggi.

Sumber: