Honda

Korban Gempa Turki-Suriah Terus Bertambah, Sudah 3.500 Orang Tewas

Korban Gempa Turki-Suriah Terus Bertambah, Sudah 3.500 Orang Tewas

Kondisi puing-puing bangunan di Turki yang ambruk, usai digoyang gempa dahsyat berkekuatan 7,8 Magnitudo-@DODAiD1-twitter

TURKI, PALPRES.COM – Korban gempa dahsyat berkekuatan 7,8 Magnitudo yang mengguncang sebagian kota di TURKI dan Suriah, terus bertambah.

Sejak gempa terjadi Senin, 6 Februari 2023, terdata angka korban tewas sudah menembus 3.500 orang.

Lebih dari 2.300 orang tewas dan 14 ribu orang luka di Turki, sedang di Suriah korban tewas mencapai lebih dari 1.400 orang.

Menurut Majanemen Darurat dan Bencana Kantor Kepresidenan Turki, gempa terjadi dalam kondisi masih gelap, yakni sekitar pukul 04.17 WIB.

BACA JUGA:Dijamin Lolos Kartu Prakerja dan Dapat Dana Insentif Rp4.200.000, Begini 6 Caranya!

Gempa yang berpusat di kedalaman 10 Kilometer ini menghancurkan apa yang ada dipermukaannya, gedung dan bangunan rusak parah hingga runtuh. 

Setelah gempa pertama dengan Magnitudo 7,8 dan gempa kedua 7,5, terjadi sedikitnya 78 kali gempa susulan, berdasarkan data Officer for Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA)

Korban diyakini akan terus bertambah, karena saat kejadian mayoritas warga masih dalam kondisi terlelap tidur di dalam gedung yang banyak runtuh tersebut.

Peneritaan para korban gempa kian mengenaskan, karena saat ini dalam kondisi ditengah musim dingin.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ada Dana Manfaat Rp4.200.000

Sehingga para korban harus menahan rasa dingin, dengan pakaian dan tempat berlindung seadanya setelah  kediamannya roboh akibat gempa.

Terketuk dengan penderitaan korban gempa di Turki dan Suriah, Rumah Zakat selaku lembaga sosial yang memang aktif bergerak jika terjadi bencana alam, segera melakukan konsidasi guna membantu para korban terdampak gempa.

Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan mengatakan, Rumah Zakat mengajak semua pihak membantu korban gempa yang terkena musibah.

“Rumah Zakat akan bekerjasama dengan organisasi lokal Turki untuk mendistribusikan bantuan,’’ ujar Sulaiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com