Honda

TP PKK OKU Timur Berdayakan Lahan Kosong, Ini Lho Hasilnya

TP PKK OKU Timur Berdayakan Lahan Kosong, Ini Lho Hasilnya

Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA MKes bersama Wakil Ketua TP PKK OKU Timur Nur Inayah, SPd melakukan peninjauan sekaligus panen hasil perkebunan dan pekarangan warga.-Dok Humas OKU Timur -Palpres.com

MARTAPURA, PALPRES.COM- Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur dr Sheila Noberta, SpA MKes bersama Wakil Ketua TP PKK OKU Timur Nur Inayah, SPd melakukan peninjauan sekaligus panen hasil perkebunan dan pekarangan warga di sejumlah titik di Desa Tanjung Mas, Kecamatan Buat Madang Timur.

Kegiatan panen ini meliputi panen buah pepaya, panen cabai, panen jagung, panen mentimun, panen terong, meninjau tanaman kol dan daun bawang serta peternakan ayam budidaya ikan. Tanaman-tanaman tersebut merupakan Tanaman di Pekarangan milik warga Desa Tanjung Mas sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, turut mendampingi Ketua dan Wakil Ketua TP PKK antara lain Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Camat Buat Madang Timur, Kepala Desa Tanjung Mas, TP PKK Kecamatan BMT dan TP PKK Desa Tanjung Mas, serta para Penyuluh Pertanian.

BACA JUGA:Bupati Enos Pilih Perayaan HUT OKU Timur Digelar Lebih Lama Demi Berdayakan UMKM

Dikatakan dr Sheila bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan program Gubernur dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan program Bupati dengan Gerakan Mandiri Pangan Di Hatinya Perempuan dan PKK.

"Ini merupakan inovasi dari Bupati dengan memberikan bibit tanaman untuk rumah tangga miskin, kelompok wanita tani atau KWT, sekolah- sekolah sampai pondok pesantren. Dengan memberdayakan KWT untuk menanam, bisa memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong,” ujarnya.

dr Sheila menambahkan, tanamannya diupayakan yang berdaya jual tinggi, karena selain untuk memenuhi kebutuhan KWT itu sendiri, bisa juga untuk menambah penghasilan jika nilai jualnya tinggi. Untuk program Mandiri Pangan Dihatinya PKK sasarannya adalah Dasawisma. 

"Alhamdulillah sejauh ini program Pak Gubernur dan Pak Bupati terus berjalan, dan akan selalu kita gaungkan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Segera Daftar Akun Prakerja 2023 Kamu, Proses Untuk Dapat Dana Manfaat Rp4.200.000

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muhammad Yani, SP MM mengatakan, harapannya dengan program Merdeka Pangan Dihatinya Perempuan agar supaya merubah mindset ibu rumah tangga untuk tidak hanya menjadi konsumen tetapi bisa menjadi produsen dengan berbudi daya seperti tanaman cabai, timun, ataupun terong.

Kepala Desa Tanjung Mas, Sumadi AM mengatakan, warga sangat bangga hari ini bisa menyambut kunjungan Ibu Ketua PKK bersama rombongan dalam kegiatan panen dan meninjau tanaman kelompok wanita tani di Desa. 

BACA JUGA:Kabar Gembira, Pendaftaran Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ada Dana Manfaat Rp4.200.000

"Kami berharap agar warga yang bercocok tanam di pekarangannya bisa bertambah lagi agar bisa menjadi pemerataan penghasilan di Desa ini,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: