Honda

Tanda Kiamat Muncul di Israel, Tiba-tiba Muncul Hewan Ini

Tanda Kiamat Muncul di Israel, Tiba-tiba Muncul Hewan Ini

Tanda kiamat telah muncul di Israel, benarkah?-Radar Cirebon-

Ungkapan ini masih terlihat umum, karena semua hewan akan berjalan di atas Bumi.

Beberapa ulama menyatakan bahwa dabbah adalah anak unta yang disapih dari induk unta itu sendiri. 

Hal ini mengacu pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ath-Thayalisi dari Hudzaifah bin Asid al Ghifari bahwa Rasulullah SAW bersabda menyinggung tentang sosok dabbah, di antaranya yakni:

"Mereka tidak menggembalakannya, melainkan ia hanya bersuara di antara rukun dan magam (rukun Yamani dan Maqam Ibrahim)."

Dari sudut pandang lain juga ada yang mengungkapkan bahwa dabbah adalah al-Jassasah. 

Maksud dari al-Jassasah adalah makhluk berbulu putih misterius yang menjadi pertanda datangnya hari kiamat. 

Pendapat ini tidak bertahan lama, karena sifat-sifat dan apa yang dilakukan oleh dabbah tidak sesuai dengan gambaran yang beberapa hadis ungkapkan. 

Sehingga ulama bersepakat bahwa dabbah bukan al-Jassasah.

Arti selanjutnya adalah ular yang mengawasi dinding Kakbah. Ular tersebut pernah disambar elang ketika orang-orang Quraish hendak membangun Kakbah waktu itu. 

Akan tetapi pendapat ini dinisbahkan oleh al-Qurthubi kepada Ibnu Abbas sebab arti dari dabbah bahwa wujud ular memiliki sumber yang kurang jelas.

Pendapat yang terakhir adalah bakteri yang berbahaya dan jika terkena manusia maka akan mengalami penderitaan luar biasa.

Bakteri tersebut bahkan mampu melukai hingga membuat manusia meninggal. 

Ketika melukai seseorang, ia membawa pesan berupa nasihat kepada manusia seandainya mereka memiliki hati yang bisa berpikir, sehingga mereka sadar untuk kembali kepada Allah, kepada agamanya dan menekan mereka untuk menerima hujah.

Hal ini merupakan pendapat yang dipegang oleh Abu Ubayyah dalam komentarnya terhadap kitab an-Nihayah/al-Fitan wal Malahim, karya Ibnu Katsir.

Seorang ilmuwan bernama Dr. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil yang memiliki karya Asyrathhus Sa'ah menegaskan bahwa dalam hadits yang sahih, Rasulullah SAW menyebutkan dabbah kelak datang dengan membawa cincin yang dikenakan Nabi Sulaiman dan tongkat dari Nabi Musa. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: