Honda

MasyaAllah, TTQ Al-Qolam Inisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin Diresmikan

MasyaAllah, TTQ Al-Qolam Inisiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Musi Banyuasin Diresmikan

Foto Bersama Santriwan dan Satriwati Taman Tahfidz Quran (TTQ) Al-Qolam -Kominfo Muba For Palpres.com-

MUBA,PALPRES.COM- Patut diapresiasi atas inisiasi yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Musi Banyuasin untuk menciptakan tahfiz-tahfizah yang ada di Bumi Serasan Sekate.

Dengan program Taman Tahfidz Quran (TTQ) Al-Qolam yang mana telah diresmikan langsung Asisten III Setda Bidang Adminitrasi Umum Drs Syafarudin pada Selasa 14 Febuari 2023, bertempat di Guest House Bupati Musi Banyuasin.

Disamping itu, acara tersebut juga dihadiri PJ Ketua TP PKK sekaligus Pj Bunda Literasi, Hj Asna Aini Apriyadi.

Hj Asna menyampaikan, tujuan diresmikannya TTQ Al-Qolam Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yakni, perluasan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial antara lain menumbuhkan minat baca melalui Taman Tahfiz Al-qur’an Al-Qolam. 

BACA JUGA:Cek Penerima BLT Balita dan Ibu Hamil 2023 di cekbansos.kemensos.go.id, Jadwal Pencairan Ada Disini

Kemudian menarik minat baca anak untuk tahfiz al-qur’an serra meningkatkan kemampuan pelajar khususnya dalam menghafal al qur’an.

"Adapun jumlah santri putra sebanyak 29 orang dan jumlah santri puteri 23 orang, peserta terdiri dari siswa/siswi SD/MI, SMP dan SLTA dalam Kabupaten Muba. 

Fasilitas yang disediakan yakni, Mushaf al-qur’an (diberikan jika santri sudah lulus ujian ke al-qur’an), iqro, buku tuntunan sholat remaja/ dewasa, buku tuntunan sholat anak-anak, buku tajwid, buku mutaba’ah, buku tuntunan makhorijul huruf, lehar diberikan secara gratis,"bebernya.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muba ini juga menjelaskan, tempat kegiatan Taman Tahfidz Qur’an Al-Qolam (TTQ) yakni di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba serta Pendopoan Rumah Dinas Bupati Muba.

BACA JUGA:HORE! Ada 4 Dana Bansos yang Segera Cair Februari 2023, Khusus Pemilik KIS Aktif 

"Taman Tahfiz Al qur’an (TTQ) Al-Qolam, akan terus dikembangkan kedepan, bila sukses dan banyak minat santri, maka tahun depan akan menambah jumlah santri dan guru pegawai serta pelaksanaannya di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Muba,"ujar istri Pj Bupati Muba ini.

Sementara itu, Asisten III Setda Bidang Administrasi Umum Drs Syafaruddin dalam sambutannya menyampaikan, dirinya berbahagia sekali pada hari ini dapat berada di tengah-tengah pejabat, anak-anak serta bapak/ibu/orang tua yang memiliki apresiasi dan atensi serta respon yang sangat baik terhadap perpustakaan sebagai sarana mencerdaskan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Program kegiatan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sebuah upaya menyeluruh dengan melibatkan semua masyarakat termasuk anak-anak untuk menjadikan perpustakaan tempat belajar, serta meningkatkan keterampilan dalam membaca al qur’an dan pengetahuan yang dapat dikuasai secara lebih baik,"ucap Syafar.

Syafaruddin juga menyebutkan, adapun tugas Bunda Literasi Kabupaten Muba adalah memotivasi berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk gemar membaca, mengkampanyekan dan mensosialisasikan gerakan Muba gemar membaca, yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: