Honda

493 Petugas Pantarlih Diambil Sumpahnya oleh Ketua KPU Pagaralam, Harus Jaga Kerahasiaan Data Pemilih

493 Petugas Pantarlih Diambil Sumpahnya oleh Ketua KPU Pagaralam, Harus Jaga Kerahasiaan Data Pemilih

Sebanyak 493 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang diambil sumpahnya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Sebanyak 493 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang diambil sumpahnya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam.

Pengambilan sumpah itu dilakukan secara serentak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Indonesia.

Sebanyak 493 petugas Pantarlih itu berasal dari lima Kecamatan se-Kota Pagaralam. Setelah resmi dikukuhkan, mereka sudah bisa segera menjalankan tugas, untuk melakukan pencocokan dan penelitian daftar pemilih, yang tercatat dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). 

Apabila terdapat pemilih yang tercantum dalam DP4 sudah meninggal atau pindah atau sudah tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, maka akan dicoret, dan jika pemilih belum terdaftar maka akan dimasukkan oleh petugas Pantarlih di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:Warga Sumsel Bisa Ikut Awasi Pemilu Lewat Jarimu

Ketua KPU Kota Pagaralam Rahmat Qori Setiawan menuturkan, pelantikan Pantarlih ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia, termasuk juga di Pagaralam ada 493 petugas Pantarlih, yang dilantik dan tersebar di Kecamatan Pagaralam Utara, Pagaralam Selatan, Dempo Utara, Dempo Selatan dan Dempo Tengah.

"Untuk pelaksanaan di lapangan, jalannya proses pelantikan berlangsung sukses dan lancar. Kita pun melakukan monitoring ke Korwil masing-masing, dengan berbagi tugas di dalam melakukan pemantauan," jelas Rahmat Qori.

Dikatakan Rahmat dirinya pun menekankan kepada petugas Pantarlih, untuk dapat menjaga kerahasiaan data pemilih, karena ada beberapa digit NIK itu terbuka dan kerahasiaan inilah yang harus betul-betul dijaga.

“Menyikapi hal itu, kita telah melakukan penandatanganan kesanggupan ataupun fakta integritas, berisikan menjaga kerahasiaan data pemilih tersebut di wilayah masing-masing," imbuhnya.

BACA JUGA:Bukan Isapan Jempol, Koin Rp1000 Kelapa Sawit Ternyata Senilai 3 Unit Yamaha NMAX Baru, Ini Alasannya

BACA JUGA: UMKM Cepat Daftar Kartu Prakerja 2023, Saldo Rp700.000 Bisa Cair ke Akun DANA-mu

Rahmat Qori juga berharap, kepada petugas Pantarlih agar cepat menjalankan tugas, dapat lebih berhati-hati dan menjaga integritas secara baik. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: