Honda

Pemkot Pagaralam Fasilitasi KUR dengan Bunga 0 Persen, Catat Syarat dan Ketentuannya

Pemkot Pagaralam Fasilitasi KUR dengan Bunga 0 Persen, Catat Syarat dan Ketentuannya

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni meresmikan launching KUR subsidi tahun 2023 di Kantor cabang Bank Sumsel Babel Jalan Kapten Sanap Demporeokan Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam, Senin 20 Februari 2023.-Eko Wahyudi-Palpres.com

PAGARALAM, PALPRES.COM- Selama beberapa tahun program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah semakin diminati warga. Hal itu sangat berguna bagi pengembangan usaha mereka.

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan hal itu saat meresmikan launching Kredit Usaha Rakyat (KUR) subsidi tahun 2023 di Kantor cabang Bank Sumsel Babel Jalan Kapten Sanap Demporeokan Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam, Senin 20 Februari 2023.

“Kegiatan ini adalah program Pemerintah sebagai salah satu program unggulan yang telah dilakukan sejak beberapa tahun sebelum ini. Dalam proses pinjaman ini pemerintah tidak akan melakukan intervensi apakah peminjam berhak mendapatkan pinjaman atau tidak karena pemerintah hanya membayar bunganya sedangkan manfaatnya murni untuk masyarakat,” ungkap Alpian.

Alpian juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bank Sumsel Babel yang telah memfasilitasi masyarakat sehingga keinginan masyarakat untuk mengembangkan usaha akan semakin mudah karena pemerintah telah menyediakan pinjaman dengan bunga 0 persen.

BACA JUGA:KECE! Samapta Polres Pagaralam Modifikasi Randis Patroli Jadi Alat Pemadam Api Karhutla

Walikota juga menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kota Pagaralam dengan Bank Sumsel Babel Cabang Kota Pagaralam. 

Ia mengajak masyarakat memanfaatkannya tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh Bank Sumsel Babel Kota Pagaralam.

Pemerintah Kota Pagaralam diketahui memang memiliki suatu program yakni KUR 0% yang prosesnya masih secara perbankan, akan tetapi setelah terjadi akad barulah Pemerintah masuk untuk membayar bunga dari pinjaman tersebut. 

Sehingga pelaku UMKM yang meminjam uang di Bank hanya membayar peminjamannya saja. 

BACA JUGA:Inilah Koin Termahal di Indonesia, Kini Dihargai Nyaris Rp100 Juta, Kamu Punya?

Kemudian melalui program TPAKD Kota Pagaralam juga ada program satu rekening 1 pelajar (KEJAR) kepada pelajar di setiap sekolah yang ada di Kota Pagaralam. 

Hal ini mengajarkan kepada para pelajar untuk menabung sedari dini dengan membuka rekening tabungan.

"Alhamdulillah, tren KUR 0% ini selalu meningkat sejak tahun 2019 hingga tahun 2022 ini dan untuk program I pelajar I rekening dengan target seluruh pelajar yang ada di Kota Pagaralam serta kita maksimalkan lagi dengan minimal I keluarga I rekening," tukas Walikota.

Melalui kegiatan ini, Walikota berharap akan membawa dampak dan manfaat terhadap pertumbuhan sektor UMKM melalui penyaluran KUR dan juga memberikan dampak pada peningkatan minat menabung bagi para pelajar di Kota Pagaralam mulai dari tingkat TK SD SMP dan SMA sederajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: