Honda

Berikut Nama-nama 8 Kecamatan di Kabupaten OKU Rawan Banjir

Berikut Nama-nama 8 Kecamatan di Kabupaten OKU Rawan Banjir

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU, Amzar Kristopa-Istimewa-

OKU,PALPRES.COM- Sebanyak delapan kecamatan di Kabupaten OKU berpotensi terendam banjir saat hujan deras, hal itu berdasarkan prediksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU.

Mengingat kedelapan kecamatan tersebut berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan.

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten OKU, Gunalfi mengatakan, berdasarkan peringatan dini dari BMKG potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang terjadi selama beberapa hari kedepan di sejumlah wilayah.

“Termasuk Kabupaten OKU khususnya di delapan kecamatan meliputi Ulu Ogan, Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Batu Raja Timur, Batu Raja Barat, Semidang Aji, Pengandonan, dan Muara Jaya,” ungkapnya.

BACA JUGA:INFO RESMI! Kemensos Cairkan BLT BPNT Sembako Rp600.000 Lewat ATM dan PT Pos Maret 2023

Sebab, berdasarkan monitoring dari BMKG pendinginan suhu muka air laut di Samudra Pasifik ekuator terjadi sejak awal Oktober 2022 sampai saat ini yang berpotensi terjadinya fenomena La Lina.

Dikatakannya, kondisi tersebut berpotensi menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor serta angin puting beliung jika faktor La Lina melewati ambang batas atau dilevel menengah.

“Delapan kecamatan ini dipetakan sebagai daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor karena berada di dataran rendah dan dekat dengan DAS Ogan,”katanya.

Guna menghadapi bencana alam masyarakat khususnya di sepanjang DAS Ogan Kabupaten OKU diminta untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA, Ada Bansos Baru Cair Akhir Maret 2023, Ini 3 Kategori Penerimanya

Pihaknya pun sudah menyurati seluruh pemerintah kecamatan di OKU terkait peringatan dini karena bencana alam dapat terjadi kapan saja sehingga masyarakat harus lebih waspada.

“Selain itu BPBD OKU juga telah mendirikan posko-posko penanggulangan bencana di daerah rawan terjadi banjir dan tanah longsor agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin,”tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: