Honda

Muba Diganjar UHC Reward karena Komitmen Lindungi Kesehatan Warga

Muba Diganjar UHC Reward karena Komitmen Lindungi Kesehatan Warga

Staf Ahli Bupati Muba Thabrani didampingi dr Azmi Dariusmansyah, Kepala Dinas Kesehatan Muba, usai menerima UHC Reward bagi Pemkab Muba-Dinas Kominfo Muba-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM - Komitmen kuat Pemkab Musi Banyuasin (Pemkab Muba) memberi perlindungan dan jaminan kesehatan bagi warganya, menghantarkan kabupaten yang kini dipimpin Pj Bupati Apriyadi diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Republik Indonesia. 

Pj Apriyadi  menerima reward dari Mendagri Tito Karnavian diwakili Staf Ahli  Thabrani didampingi dr Azmi Dariusmansyah selaku Kepala Dinas Kesehatan Muba, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa 14 Maret 2023.

Pada penyerahan UHC Award 2023, Muba berada diantara 22 Kepala Daerah Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota se-Indonesia. 

Penyerahan penghargaan kepada Daerah Provinsi dilakukan oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin, sedangkan bagi Kabupaten/Kota diserahkan oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Penerima KPM PKH dan BPNT Dapat Bonus Beras, Ayam dan Telur, Cair Ramadan 2023

Muba mendapat UHC Award 2023, karena  termasuk Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk.

Juga sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah, sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Maruf Amin dalam sambutannya, UHC Award 2023 diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada Kepala Daerah yang telah konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu dengan mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam  program JKN dan meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat. 

Senada, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan penyerahan Penghargaan sebagai bentuk apresiasi yang tulus dari Pemerintah dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang telah menunjukkan kerja kerasnya dan menunjukkan kinerja luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN.

BACA JUGA:Punya Uang Kertas Kuno Ini Bisa Tukar Dengan Motor Baru, Cek Koleksimu!

Pj Bupati Apriyadi menyebutkan penghargaan  UHC Reward yang diraih Pemkab Muba berkat dukungan dan kerjasama semua pihak. 

Menurutnya, pencapaian UHC merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kita selama ini selalu menempatkan layanan kesehatan masyarakat sebagai prioritas utama Pemkab Musi Banyuasin. 

Masyarakat dimudahkan, dilayani dengan baik jadi tidak perlu khawatir soal pelayanan kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kominfo muba