Honda

Peringatan Hari Dongeng se-Dunia, Bunda Literasi OKU Timur Beri Pesan Begini

Peringatan Hari Dongeng se-Dunia, Bunda Literasi OKU Timur Beri Pesan Begini

Bunda Literasi OKU Timur dr Sheila Noberta Foto Bersama.-Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM-Dongeng merupakan cerita rakyat yang bersifat fiktif atau merupakan hasil rekayasa pengarang yang disebarkan secara luas ke berbagai daerah. 

Dongeng juga sebagai cerita tradisional disebarkan secara turun temurun, sehingga terkadang terdapat kesamaan antara dongeng yang dimiliki suatu daerah dengan daerah lainnya.

Untuk menyambut Peringatan Hari Dongeng Se-Dunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret Mendatang, Tim Penggerak PKK OKU Timur bekerjasama dengan Kampung Dongeng OKU Timur mengadakan acara Pola Asuh Anak dan Remaja dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia Tahun 2023.

Acara tersebut berlangsung di PAUD Sebiduk Sehaluan OKU Timur, Sabtu, 18 Maret 2023 dengan mengusung tema Dengan Memperingati Hari Dongeng Sedunia 2023, Ayah Bunda Pemandu Wisata Imajinasiku.

BACA JUGA:AUTO KAYA! Uang Koin Rp10.000 Tahun 1987 Ditaksir Seharga Rp70.000.000 Per Keping

Hadir langsung pada acara tersebut Ketua TP PKK sekaligus Bunda Literasi dan Bunda PAUD OKU Timur dr Sheila , SpA MKes.

Turut hadir Kepala Dispusip OKU Timur DR Sopiyan Hadi, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid PAUD Asnari, SPd,MM, Kepala DPPPA melalui Kabid Dwi Susanti, SE, MSi, Ketua TP PKK Kecamatan Martapura Nirmalasari, Kepala PAUD Sebiduk Sehaluan Rully Kuria Sari, SPd, dan Ketua Kampung Dongeng OKU Timur Elva Dhamayanti.

Dalam sambutannya, Bunda Literasi  Sheila  mengatakan bahwa Pola Asuh terhadap anak yang paling terbaik adalah dengan Dongeng.

Bunda Literasi dr. Sheila mengibaratkannya pada kehidupan sehari-hari dan memberikan pemahaman kepada ayah dan bunda yang hadir.

BACA JUGA:Gak Nyangka! Koin Rp50 Komodo Dihargai Jutaan Rupiah, Kamu Punya?

"Misalnya kita mengharapkan anak kita menjadi jujur, kemudian kita mengatakan sebuah nasihat agar anak bertindak jujur, maka anak-anak akan bertanya-tanya apa itu jujur. 

Namun jika kita mendongengkan si Kancil yang jujur maka akan lebih mudah dipahami oleh anak-anak,"jelasnya.

Sheila juga mengajak Ayah Bunda agar membiasakan membaca buku dan meningkatkan pemahaman dalam mendidik anak dengan pergi ke Perpustakaan, agar kebiasaan baik tersebut bisa diikuti oleh sang anak dan berikan yang jajan khusus untuk membeli buku. Ia juga mengingatkan untuk mendidik anak sesuai zamannya. 

"Jangan melarang anak tanpa alasan, artinya melarang anak untuk tidak melakukan sesuatu harus pilih alasan yang tepat, karena anak-anak zaman sekarang sudah cerdas-cerdas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: